DPD PSI GUMAS SIAP KAWAL KEBIJAKAN PEMERINTAH KHUSUSNYA BIDANG PERTANAHAN

oleh -
oleh
DPD PSI GUMAS SIAP KAWAL KEBIJAKAN PEMERINTAH KHUSUSNYA BIDANG PERTANAHAN 1
Dodi Eduardo Sitanggang (kiri) bersama Raja Juli Antoni

Kuala Kurun (Dayak News) – Partai Solidaritas Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, menggelar silaturahmi dan berdiskusi bersama Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni, di Aquarius Boutique Hotel, Kamis 23 Maret 2023 kemarin.

Kegiatan silaturahmi tersebut, diawali dengan buka puasa bersama, yang dihadiri oleh pengurus dan kader PSI, baik di tingkat Wilayah maupun pimpinan Kabupaten/Kota, tokoh masyarakat dan agama, tokoh organisasi kemasyarakatan, tokoh pemuda dan warga korban mafia tanah serta perwakilan pondok pesantren, aktivis NU, Angkatan Muda Muhammadiyah, pengurus sinode GKE, tokoh pemuda dan perempuan.

Dodi Eduardo Sitanggang sebagai Ketua DPD PSI GUMAS yang hadir dalam kegiatan tersebut melihat, kegiatan ini selain mempererat silahturahmi sesama kader partai, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menyerap aspirasi masyarakat terkait dengan persoalan tanah di wilayah Kalimantan Tengah.

PSI mencoba menjembatani warga dalam menyampaikan aspirasi langsung ke Wakil Menteri ATR/BPN terkait permasalahan pertanahan di Kota Palangka Raya dan input dari praktisi Hukum yang telah melakukan advokasi beberapa konflik agraria yang terjadi,” katanya, Jum’at 24 Maret 2023.

Ketua DPW PSI Kalteng, Pancani Gandrung dalam sambutannya mengatakan, jika PSI siap mengawal kebijakan pemerintah, salah satunya pada persoalan pertanahan yang ada di masyarakat.

PSI akan terus menunjukan bahwa, kami selalu hadir dan benar-benar kerja untuk rakyat, masyarakat Kalteng

Sementara itu, Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni dalam paparannya menyampaikan terobosan dan program Kementerian ATR/BPN dalam menyelesaikan sengkarut permasalahan agraria, serta memperluas ruang partisipasi publik.

Kementerian ATR/BPN meningkatkan fungsi kanal-kanal atau saluran aspirasi langsung dari masyarakat, baik melalui saluran langsung aplikasi Lapor dan juga layanan Whatsapp kementerian ATR/BPN.

BACA JUGA :  PERSIAPAN HUT KE-20 GUMAS , AKAN DIADAKAN LOMBA KEBERSIHAN

Lebih lanjut pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pembina PSI tersebut mengatakan, penyelesaian pengaduan di tingkat wilayah menjadi bahan evaluasi kinerja internal kementerian, termasuk promosi maupun mutasi.

Program kementerian ATR/BPN yang tidak kalah penting, yakni sertifikasi Rumah Ibadah dan layanan keagamaan lainnya.

“Kami memperjuangkan dan memastikan legalitas tanah, bangunan dan tanah di mana nama Tuhan disebut dan diagungkan harus ada kepastian dalam bentuk sertifikat.

Baik masjid, pondok pesantren, gereja, vihara, pura dan yang lainnya kita dorong agar memiliki kepastian legalitasnya,” ujarnya.

Selain sambutan dari Ketua DPW DPW PSI Kalteng dan paparan Raja Juli Antoni Wamen ATR / BPN Republik Indonesia kegiatan ini juga dikemas dalam bentuk bincang santai dialog dengan peserta yang hadir dipandu oleh Kisno Hadi sekretaris DPW PSI Kalteng.

Hadir juga sebagai narasumber Ketua satgas anti mafia tanah Kalteng Watch Ir. Men Gumpul yang menyoroti persoalan administrasi pertanahan yang buruk dan Praktisi hukum Fidelis Harefa, SH, MH menyampaikan perspektif hukum konflik agraria khusus nya di Kota Palangkaraya umumnya di Wilayah Kalimantan Tengah. (DES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.