DPMD GUMAS SOSIALISASI AWAL PILKADES 2021

oleh -4 views
DPMD GUMAS SOSIALISASI AWAL PILKADES 2021 1

Kuala Kurun (Dayak News)– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) telah melakukan sosialisasi awal Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021.

“Sosialisasi awal sudah kami laksanakan di lima kecamatan yang desanya melaksanakan Pilkades serentak 2021,” ucap Kepala DPMD Kabupaten Gumas Yulius, saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (27/05/2021).

Adapun desa yang mengikuti pilkades serentak adalah Bereng Baru, Bereng Malaka, Luwuk Kantor, Tumbang Baringei, Tumbang Bunut, dan Tumbang Malahoi di Kecamatan Rungan.

Kemudian Desa Tumbang Bahanei dan Tumbang Langgah di Kecamatan Rungan Barat, Desa Hantapang, Jangkit, Sangal, dan Tumbang Mujai di Kecamatan Rungan Hulu.

Selanjutnya adalah Desa Batu Nyiwuh di Kecamatan Tewah, dan Desa Teluk Kanduri di Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

Pelaksanaan pilkades serentak 2021 ada perbedaan yang signifikan, karena pilkades serentak 2021 ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 sehingga harus menerapkan protokol kesehatan

Susunan kepanitiaan pilkades serentak 2021 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, susunan kepanitian terdiri dari tiga tingkatan, tingkatan pertama adalah panitia tingkat kabupaten yang langsung di ketuai oleh bupati.

Unsur-unsur yang terlibat dalam kepanitian tingkat pertama diantaranya adalah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), TNI, POLRI, Satgas Covid-19 dan unsur teknis.

Nantinya bupati akan membentuk panitia tingkat kecamatan yang terdiri dari unsur pemerintah kecamatan,TNI, POLRI, dan Satgas Covid tingkat Kecamatan.

Sedangkan panitia tingkat desa dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa yang terdiri dari beberapa unsur yang terdiri dari TNI, POLRI, Satgas Covid-19 tingkat desa dan lainnya.

“Pelaksanaan pemungutan suara pilkades belum diputuskan, yang jelas hasil pilkades harus selesai di tahun 2021 sehingga anggaran tahun 2022 sudah dikelola oleh kades definitif,” tandasnya. (PR/AI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.