DPRD INGATKAN LURAH SOAL DAU TAMBAHAN

oleh -34 views
DPRD INGATKAN LURAH SOAL DAU TAMBAHAN 1

Kuala Kurun,Dayak News. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Drs.H. Gumer mengingatkan para lurah di daerah itu yang mendapat dana alokasi umum (DAU) tambahan dari Anggaran Pendapatan Nasional (APBN) tahun 2019 agar dapat mempergunakannya dengan baik.

Hal itu diungkapkan tokoh politik PDIP ini melalui wartawan di Kuala Kurun, Jumat (25/1/19).

Dikatakan, berkaitan peruntukkan DAU harus tepat untuk kemajuan kelurahan dan kesejahteraan warga.

Menurut Drs.H.Gumer, DAU tambahan untuk kelurahan itu dipergunakan untuk program pembangunan sarana dan prasaran kelurahan dengan kegiatan pengadaan,pembangunan,pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan pemukiman.

Dikatakan, dengan berpedoman pada Permendagri nomor 130 tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan,” ujarnya.

Kecamatan Kurun ada dua kelurahan mendapat DAU tambahan sebesar Rp 740 juta lebih. Sedangkan Kecamatan lain hanya satu kelurahan,mendapat dana Rp 370 juta lebih.

Dijelaskan, ada tiga kategori kelurahan yang menerima dana itu,yaitu kategori baik yang dialokasikan untuk 2.805 kelurahan pada 91 kabupaten/kota dengan alokasi Rp 352,9 juta per kelurahan.

Kategori perlu ditingkatkan yang dialokasikan untuk 4.782 kelurahan pada 257 kabupaten/kota dengan alokasi Rp 370,1 juta per kelurahan dan kategori sangat perlu ditingkatkan yang dialokasikan untuk 625 kelurahan pada 62 kabupaten/kota dengan alokasi Rp 384 juta per kelurahan.

“Kelurahan di Gunas yang menerima Rp 370 juta lebih, masuk kategori kedua,perlu ditingkatkan,” katanya.

Dalam penggunaan dana itu,dia minta lurah bersinergi dengan camat agar tidak terjadi kekeliruan. Kalau Lurah masih belum ada yang memahami,tanyakan dengan camat. Jangan malu bertanya agar tidak kena masalah hukum lantaran penyimpangan yang dilakukan atas dana itu,” ucap Drs.H.Gumer.(Dayak News/PR/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *