Festival Tuah Mahasur 2: Melestarikan Kebudayaan dan Kreativitas Batik Gunung Mas

oleh -
oleh
Festival Tuah Mahasur 2: Melestarikan Kebudayaan dan Kreativitas Batik Gunung Mas 1
Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dan Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing, foto bersama para pemenang festival. (foto/ist)

Kuala Kurun (Dayak News) Pemkab Gumas (Gunung Mas) melalui Dekranasda Kabupaten Gunung Mas sukses menggelar Kegiatan Festival TUAH MAHASUR 2 pada Sabtu, 30 Desember 2023, di Desa Upon Bartu Kecamatan Tewah. Merupakan kelanjutan dari perhelatan sebelumnya pada tahun 2022, Dekranasda Kabupaten Gunung Mas menyelenggarakan Pergelaran dan Expo UMKM “TUAH MAHASUR” pertama di Taman Kota Kuala Kurun. Tahun ini, perayaan TUAH MAHASUR 2 diselenggarakan dengan penuh semangat di Desa Upon Bartu.

Kegiatan ini memiliki tujuan mulia, yaitu mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI), menjaga, melestarikan, dan mempertahankan kekayaan budaya dalam berbusana dengan menggunakan bahan Wastra Nusantara. Festival ini bertujuan agar Indonesia mampu bersaing secara global dalam industri fashion, memberikan kesan mendalam terhadap kekayaan Batik/benang bintik di Kalimantan Tengah, serta mendukung industri yang ramah lingkungan.

Ketua Dekranasda Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong, dalam laporannya menyatakan, “Salah satu bukti DEKRANASDA Kabupaten Gunung Mas ikut mendukung dan mempromosikan Objek Wisata yang ada di Kabupaten Gunung Mas, salah satunya Objek Wisata Batu Suli yang ada di Desa Upon Batu.”

Festival Tuah Mahasur 2 menampilkan beragam kegiatan, dengan sorotan utama pada lomba Fashion Show Casual Batik Kalimantan Tengah atau Batik Gunung Mas. Lomba ini terbagi menjadi tiga kategori, dengan total peserta mencapai 40 orang. Kategori anak usia 8-12 tahun, remaja usia 13-20 tahun, dan dewasa usia 21-45 tahun, semuanya berpartisipasi dengan semangat tinggi. Penting untuk dicatat bahwa kegiatan ini didanai oleh program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Sinar Mas Group.

Berikut adalah nama-nama pemenang lomba Fashion Show Casual Batik Kalimantan Tengah atau Batik Gunung Mas pada Festival Tuah Mahasur 2 di Desa Upon Batu, Kecamatan Tewah:

BACA JUGA :  KETUA KONI GUMAS BERHARAP PENGURUS PBSI YANG BARU TERPILIH DAPAT MENGAHASILKAN ATLIT BERPRESTASI

Kategori Anak 8 s.d 12 Tahun:

  1. Juara I: Ester Gloria.
  2. Juara II: Amanda Veronica Louis.
  3. Juara III: Oxcel Ayundra.
  4. Juara IV: Risna Navelita.
  5. Juara V: Regina Azzhara.
  6. Juara VI: Magdalena.

Kategori Remaja 13 s.d 20 Tahun:

  1. Juara I: Andika.
  2. Juara II: Efra Natalie Lharurencya Karambut.
  3. Juara III: Eslyn Efrina.
  4. Juara IV: Gracia Arifkha Cinta.
  5. Juara V: Listiani Agustin.
  6. Juara VI: Reva Dewi Utami.

Kategori Dewasa 21 s.d 40 Tahun:

  1. Juara I: Dewi Astuti.
  2. Juara II: Irawatie.
  3. Juara III: Haratini.
  4. Juara IV: Kristina Lestari.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing, kepala dinas terkait, unsur Forkopimda, perwakilan dari pimpinan PT. Sinar Mas, camat, kepala desa, tokoh adat, peserta lomba Festival Tuah Mahasur 2, serta masyarakat sekitar dan tamu undangan lainnya.

Selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam suksesnya Festival Tuah Mahasur 2 ini. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut untuk mempromosikan kekayaan budaya dan kreativitas masyarakat Gunung Mas. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.