HUT KE- 71, POLISI PAMONG PRAJA DAN SATUAN LINMAS MELINDUNGI DAN MEMBERI RASA AMAN BAGI MASYARAKAT

oleh -11 views
HUT KE- 71, POLISI PAMONG PRAJA DAN SATUAN LINMAS MELINDUNGI DAN MEMBERI RASA AMAN BAGI MASYARAKAT 1
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas gelar apel memperingati HUT ke – 71 Satuan Polisi Pamong Praja dan HUT ke 59 satuan Perlindungan Masyarakat tahun 2021. di lapangan kantor Satpol PP Kuala kurun pada Jumat pagi (5/3/2021).

Kuala Kurun (Dayak News) Pemerintah Kabupaten Gunung Mas gelar apel memperingati HUT ke – 71 Satuan Polisi Pamong Praja dan HUT ke 59 satuan Perlindungan Masyarakat tahun 2021. di lapangan kantor Satpol PP Kuala kurun pada Jumat pagi (5/3/2021).

Pada kesempatan itu Kepala Satpol PP Gumas, Salampak Haris, menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yakni, Satpol PP dan Satlinmas, selain menjadi mitra aparat keamanan, dan mengemban fungsi pelaksanaan penegakan Peraturan Daerah (Perda) juga memiliki peranan untuk melindungi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat. Oleh karenanya, Mendagri juga menekankan agar pengetahuan dan kemampuan khusus perlu dikembangkan untuk mewujudkan organisasi yang berkualitas dan dipercayai publik.

HUT KE- 71, POLISI PAMONG PRAJA DAN SATUAN LINMAS MELINDUNGI DAN MEMBERI RASA AMAN BAGI MASYARAKAT 2

Para pimpinan harus punya konsep untuk memperkuat organisasi, memperkuat sarana prasarana, memperkuat kemampuan perorangan baik kuantitatif jumlah yang kurang, kemudian kualitatif, kualitas. “Buat konsep untuk membesarkan organisasi baik lembaganya, sarana prasarana, kemampuan apa yang diperlukan,” tandasnya.

Lanjutnya, Membangun kualitas organisasi dan SDM sangat penting dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dan legitimasi dari publik. Untuk itu, pengembangan diri perlu dilakukan melalui berbagai cara, misalnya saja dengan melakukan studi kasus.

Anggota SatPol PP dan Perlindungan Masyarakat harus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Selain itu, dedikasi tinggi yang mengedepankan tindakkan yang bersifat edukasi dan persuasif diharapkan diterapkan dalam setiap bertugas.

HUT KE- 71, POLISI PAMONG PRAJA DAN SATUAN LINMAS MELINDUNGI DAN MEMBERI RASA AMAN BAGI MASYARAKAT 3

HUT SatPol PP dan Satuan Linmas yang dilaksanakan saat ini dalam situasi dan kondisi pandemi Covid 19 dan kami minta untuk Anggota SatPol PP, Damkar dan Linmas untuk terus melakukan upaya sosialisasi 3M dan upaya pencegahan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketata serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan,” terangnya.

Dalam amanat tersebut salampak Haris menyampaikan lima pesan yaitu, Pertama, mengenai upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian serta pendisiplinan dan penegakkan hukum protokol kesehatan Covid-19.

Kedua, meningkatkan pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang dalam mengawal urusan ketentraman, ketertiban umun dan perlindungan masyarakat sebagai urusan pemerintahan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar.

Ketiga, memperkuat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik secara vartikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional saling membantu dan saling menghormati.

HUT KE- 71, POLISI PAMONG PRAJA DAN SATUAN LINMAS MELINDUNGI DAN MEMBERI RASA AMAN BAGI MASYARAKAT 4

Keempat, memperkuat pelaksanaan tugas yang tegas namun tetap humanis dan senantiasa memperhatikan aspek hak asasi manusia serta citra dan wibawa penyelengaraan pemerintah sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja.

Kelima, meningkatkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan bekerja sama dengan unsur Polri dan TNI dan berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid 19.

“Terlebih menurutnya, dalam situasi dan kondisi pendemi Covid-19 ini, Satpol PP dan Damkar serta Linmas dapat terus melakukan upaya sosialisasi 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak kepada masyarakat,” ucap Salampak Haris. (PR/AI/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *