MUSRENBANG MERUPAKAN MOMENTUM PENTING UNTUK MENYATUKAN POLA PIKIR

oleh -5 views
MUSRENBANG MERUPAKAN MOMENTUM PENTING UNTUK MENYATUKAN POLA PIKIR 1
Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing menyampaikan sambutan tertulis Bupati dalam rangka Forum Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Tahun 2019 – 2024.

Kuala Kurun (Dayak News)  – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas  melaksanakan Forum Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Tahun 2019 – 2024 di Aula Bappedalitbang, Rabu(23/6/2021).

Turut mendampingi Wakil Bupati Gunung Mas, Sekretaris Daerah  Yansiterson, Anggota DPRD Untung Jaya Bangas, yang mewakili Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng Kasubbid Perencanaan Fredy Darinto.

Dalam sambutan tertulis Bupati Gunung Mas yang disampaikan Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing mengatakan, bahwa proses penyusunan perubahan RPJMD Kabupaten Gunung Mas telah melewati 3 (tiga) tahap yaitu : tahap 1 (satu) persiapan penyusunan dengan melaksanakan orientasi   pada tanggal 17 Maret 2021, tahap 2 (dua)  penyusunan rancangan awal dengan melaksanakan konsultasi publik rancangan awal perubahan RPJMD pada   April 2021, penyampaian rancangan awal perubahan RPJMD ke DPRD Kabupaten Gunung Mas pada tanggal 9 Juni 2021, dan fasilitasi konsultasi rancangan awal RPJMD oleh Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 18 Juni 2021 dan tahap 3 (tiga) penyusunan rancangan Perubahan RPJMD yang pada saat ini kita laksanakan dan akan kita mufakatkan bersama dalam forum Musrenbang, sehingga penyempurnaan dari hasil Musrenbang tersusun Rancangan Akhir Perubahan RPJMD yang berikutnya akan dievaluasi kembali oleh Provinsi.

“Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024, Kebijakan Perundangan seperti Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019, Permendagri Nomor 90 Tahun 2019, Permendagri Nomor 70 Tahun 2019, hingga Permendagri Nomor 77 Tahun 2020,” demikian disampaikan Wakil Bupati Gunung Mas dalam mengawali sambutannya.

Pada kesempatan tersebut disampaikan pula bahwa Musrenbang ini merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir/aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintahan, baik yang merupakan urusan wajib maupun urusan pilihan, yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral dari pemerintah atasan.

Menurutnya tata kelola pemerintah yang profesional, bersih, dan akuntabel maka agar forum ini dapat membawa manfaat yang optimal bagi peningkatan pembangunan daerah, maka hendaknya dapat. Rencana anggaran belanja daerah diprioritaskan untuk pencapaian Indikator Kinerja Utama dan Indikator Kinerja Kunci, pencapaian sinkronisasi prioritas pembangunan RPJMN 2020-2024, pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), dan pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Prioritas Pembangunan Kabupaten Gunung Mas yakni, Pembangunan sarana dan prasarana konektivitas (keterkaitan) wilayah, Penyediaan dan penataan perumahan dan permukiman, air bersih dan sanitasi yang sehat, layak dan aman, Perluasan dan pemerataan layanan pendidikan berkualitas, Peningkatan jangkauan dan akses layanan kesehatan yang bermutu, Promosi dan penerapan perilaku hidup bersih, sehat, aman dan produktif, Peningkatan keterampilan perempuan, Peningkatan dukungan terwujudnya program FOOD ESTATE di Gunung Mas, Peningkatan produktivitas pariwisata berbasis alam dan budaya, Peningkatan kemudahan perijinan investasi dan pengembangan kerjasama investasi.

Pengembangan kompetensi angkatan kerja berbasis kewirausahaan, Percepatan pembangunan desa sebagai basis pemberdayaan masyarakat, Penataan tata kelola organisasi dan penguatan koordinasi perangkat daerah, Peningkatan pengawasan pengelolaan keuangan dan aset daerah, Pengembangan sistem informasi untuk pelayanan publik, Peningkatan sinergi antara masyarakat, Pemerintah Daerah, TNI dan Kepolisian, Peningkatan kualitas sumber daya kebudayaan, Pemulihan daya dukung lingkungan, khususnya hutan.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas Yantrio Aulia melaporkan bahwa tujuan Forum Musrenbang Perubahan RPJMD Untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan Daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

Keluaran dari pelaksanaan Musrenbang Kabupaten adalah Kesepakatan tentang rumusan yang menjadi masukan utama untuk menyusun Rancangan Akhir Perubahan RPJMD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019 – 2024, Penetapan Lanjut dia Sasaran, Strategi, Arah Kebijakan dan Program  Prioritas yang sudah disesuaikan berdasarkan tugas fungsi maupun urusan wajib masing-masing Perangkat Daerah untuk 5 (lima) tahun kedepan.

“Untuk peserta Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, seluruh Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Pihak BUMD, BUMN, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Organisasi Wanita, Tokoh Pemuda di lingkup Kabupaten Gunung Mas,” tutup Kepala Bappedalitbang Gunung Mas. (PR/AI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.