PEMBINAAN SDM STATISTIK SEKTORAL DI LINGKUNGAN PEMKAB GUMAS

oleh -7 views
PEMBINAAN SDM STATISTIK SEKTORAL DI LINGKUNGAN PEMKAB GUMAS 1
Kegiatan Pembinaan Sumber Daya Manusia Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas. Senin (15/3) pagi di Aula Bappeda Litbang Gunung Mas.

Kuala Kurun (Dayak News) Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Gunung Mas (Gumas) menggelar Kegiatan Pembinaan Sumber Daya Manusia Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas. Senin (15/3) pagi di Aula Bappeda Litbang Gunung Mas.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari tanggal 15-16 Maret 2021 yang diikuti oleh pejabat eselon III dan IV serta peserta lainnya yang masih di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

Kegiatan dipimpin oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Gumas Waras, didampingi oleh Sekretaris Daerah ( Sekda ) Gunung Mas yang di wakili oleh Asisten III Sekda Kabupaten Gunung Mas Untung, Kepala Dinas Kominfosantik Ruby Haris S.T, dan diikuti oleh pejabat esselon III dan IV, serta Peserta lainnya.

Asisten III Sekda Kabupaten Gunung Mas Untung dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan Pembinaan Sumber Daya Manusia Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dipimpin, dibimbing dan dilatih langsung oleh Kepala dan tim dari BPS Kabupaten Gunung Mas.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergritas dan pemahaman bagi tenaga admin yang menangani data statistik sektoral di lingkungan pemerintah kabupaten Gunung Mas, tercapainya persamaan persepsi dalam pengolahan data statistik yang ada, dan yang terakhir tersedianya data yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan,” tegas Untung.

Dari sisi pemerintah daerah lanjutnya. Metadata kegiatan statistik yang dikembangkan tidak hanya memuat kegiatan statistik dasar tetapi juga mencakup kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah yang ada di Kabupaten Gunung Mas untuk kegiatan survei dan kompilasi produk administrasi wajib mendapatkan rekomendasi dari BPS yang dapat dilihat dari berbagai sisi seperti Sisi dari diskominfo serta sisi-sisi lainnya yang ada di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

PEMBINAAN SDM STATISTIK SEKTORAL DI LINGKUNGAN PEMKAB GUMAS 2

“Bagi yang mengikuti pelatihan agar dapat memanfaatkan waktu untuk bertanya dan berdiskusi dengan pelatih, selama kegiatan berlangsung. Sehingga, pada saat menyusun baik kompilasi produk administrasi maupun survei yang dilaksanakan oleh perangkat daerah dapat sesuai dapat sesuai dengan kaidah-kaidah statistik.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Gunung Mas memberi apresiasi kepada tim dari BPS Kabupaten Gunung Mas yang telah mau berbagi ilmu guna meningkatkan SDM Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas,”tandas Untung.

Kepala BPS Gunung Mas Waras mengatakan, semakin berkembangnya zaman statistik yang ada di Indonesia menjadi Satu data dengan tatanan yang terdiri atas unsur-unsur kebutuhan data statistik, sumber daya, metode sarana dan prasarana, ilmu pengetahuan, dan teknologi, perangkat hukum, dan masukan dari forum masyarakat statistik yang secara teratur saling berkaitan, sehingga membentuk totalitas dalam penyelenggaraan statistik.

Mewujudkan data yang andal, efektif, dan efisien melalui satu data Indonesia mampu menghasilkan data yang baik, berkualitas, serta mudah dimengerti, dan dimanfaatkan secara luas untuk menjamin kemudahan akses data dan transparasi data,” ungkapnya.

Kepala Dinas kominfo santik Kabupaten Gunung Mas Ruby Harris ST menambahkan, maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan pelatihan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai tata cara pengisian formulir pemberitahuan kompilasi produk administrasi dan tata cara pengisian formulir pemberitahuan survei statistik sektoral untuk mendapatkan rekomendasi dari BPS sehingga kegiatan statistik yang dilakukan oleh perangkat daerah dapat memenuhi kaidah-kaidah statistik. (Des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *