PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNG MAS DAN BPJS KETENAGAKERJAAN SEPAKAT JAMIN KESELAMATAN PEGAWAI NON PNS

oleh -
oleh
PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNG MAS DAN BPJS KETENAGAKERJAAN SEPAKAT JAMIN KESELAMATAN PEGAWAI NON PNS 1
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya Budi Wahyudi secara simbolis menyerahkan kepada Bupati Gumas total nilai klaim pembayaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dari bulan Januari – buln Juni 2023. (foto/Ist)

Kuala Kurun (Dayak News) – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pegawai pemerintah non Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Gunung Mas. Selasa (27/6/2023).

Tujuan dari nota kesepahaman ini adalah untuk membantu Pemerintah dalam memastikan keselamatan seluruh pegawai dari segala insiden melalui pemberian jaminan keselamatan kerja (JKK), jaminan kematian (JK), jaminan hari tua (JHT), dan jaminan pensiun (JP).

Dalam sambutannya, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyatakan bahwa BPJS merupakan hak normatif bagi seluruh pekerja dan menjadi kewajiban bagi pemberi kerja sesuai dengan amanat UU No 24 Tahun 2011 tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara Pemerintah Daerah dan BPJS Ketenagakerjaan agar program ini dapat berjalan dengan baik.

Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan langkah konkret dari Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam mengantisipasi risiko yang dialami oleh pegawai non PNS di lingkup Pemkab Gumas, termasuk Pegawai Tidak Tetap (PTT), Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Damang, dan Mantir Adat. Bupati Gunung Mas juga menyampaikan bahwa pegawai tidak perlu lagi khawatir mengenai risiko kecelakaan kerja dan risiko kematian karena semua hal tersebut sudah tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Bupati berharap agar semua pihak terkait dan masyarakat dapat bekerja sama dalam upaya menuju Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, dan mandiri. Keikutsertaan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan bentuk komitmen nyata dalam meningkatkan kesejahteraan pegawai.

Pada periode Januari hingga Juni 2023, BPJS Ketenagakerjaan telah membayarkan klaim kepada masyarakat pekerja di Kabupaten Gunung Mas sebanyak 682 kasus, yang meliputi klaim kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun.

BACA JUGA :  Tokoh Masyarakat Di Sepang Serukan "Perang" Terhadap Kejahatan Lingkungan

Total nilai klaim yang dibayarkan mencapai 4,6 miliar Rupiah. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga telah menempatkan unit layanan di Kantor Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gunung Mas guna meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Dengan adanya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dan BPJS Ketenagakerjaan ini, diharapkan kesejahteraan pegawai non PNS dapat terjamin dengan baik. Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan menjadi langkah penting dalam memastikan keselamatan dan kesejahteraan seluruh pegawai, serta meningkatkan perekonomian daerah Gunung Mas secara keseluruhan. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.