PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNG MAS GELAR RAKOR PENCEGAHAN STUNTING UNTUK CATIN/CALON PUS TAHUN 2023

oleh -
oleh
PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNG MAS GELAR RAKOR PENCEGAHAN STUNTING UNTUK CATIN/CALON PUS TAHUN 2023 1
Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing. (foto/Ist)

Kuala Kurun (Dayak News) – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Stunting dari Hulu kepada Calon Pengantin (Catin) / Calon Pasangan Usia Subur (PUS) Tahun 2023. Rakor ini dilaksanakan di Aula Bappedalitbang pada Jumat (28/4/2023).

Tujuan dari kegiatan Rakor ini adalah membangun pemahaman yang sama tentang pentingnya pencegahan stunting dari hulu kepada Catin/Calon PUS dalam upaya percepatan penurunan kasus stunting. Selain itu, Rakor juga bertujuan untuk membangun komitmen bersama dalam implementasi pencegahan stunting dari hulu kepada Catin/Calon PUS, guna mempercepat penurunan stunting di berbagai tingkatan wilayah yang ada di Kabupaten Gunung Mas.

Rakor ini dibuka oleh Wakil Bupati (Wabub) Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing. Dalam sambutannya, Wabub mengungkapkan bahwa untuk memastikan setiap calon pengantin / calon pasangan usia subur (Catin/Calon PUS) berada dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil, penting dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan pendampingan selama tiga bulan sebelum pernikahan. Selain itu, materi pencegahan stunting juga menjadi bagian dari bimbingan perkawinan, dengan tujuan mengidentifikasi dan mengurangi faktor risiko kelahiran bayi stunting.

Wabub juga menekankan bahwa salah satu fokus dalam pendampingan ini adalah meningkatkan pemenuhan gizi Catin/Calon PUS untuk mencegah kekurangan energi kronis dan anemia, yang merupakan faktor risiko dalam kelahiran bayi stunting. Ia menjelaskan bahwa keberhasilan upaya ini membutuhkan sinergi dan kolaborasi antara pemangku kepentingan di berbagai tingkatan wilayah, dengan sasaran remaja putri, calon pengantin, dan ibu hamil.

Kegiatan Rakor ini dihadiri oleh Pimpinan Perangkat Daerah dan instansi vertikal terkait, Kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten Gumas, serta Pimpinan Lembaga Keagamaan, PKB, dan PLKB sebagai admin Elsimim Kecamatan. (Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.