PEMKAB GUMAS SIAP ANTISIPASI KARHUTLA

oleh -
oleh
PEMKAB GUMAS SIAP ANTISIPASI KARHUTLA 1

Kuala Kurun, 10/6/2020 (Dayak News). Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong bertindak sebagai pembina apel Gelar Pasukan Persiapan Penanganan kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Gumas di halaman kantor Bupati Gumas, Rabu pagi (10/6/2020).

Pada rangkaian apel kesiapan ini turut hadir Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, Waket DPRD Binartha, Wakapolres Gumas Kompol Theodorus Priyo, S.I.K, serta sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Gumas Jaya Samaya Monong menyampaikan “setiap wilayah atau daerah memiliki potensi bencana karena bencana dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non alam dan juga oleh ulah manusia. Bencana yang disebabkan oleh faktor alam sangat sulit diprediksi dan diantisipasi, sehingga tindakan yang bisa kita lakukan adalah upaya penanggulangan pada saat ini,” ujarnya,

Menurut dia, bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang disebabkan oleh faktor ulah manusia relatif dapat diprediksi dan diantisipasi karena peristiwa ini sudah berulangkali terjadi terutama pada saat musim kemarau panjang yang biasanya dipicu oleh aktifitas penduduk yang membakar lahan, pekarangan maupun perkebunan untuk berbagai keperluan.

Menyikapi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Gumas yang semakin menjadi anggenda rutin maka upaya penanggulangan mulai dari pra bencana menjadi lebih penting untuk dilakukan apabila kita percaya bahwa mencegah lebih baik dari pada menanggulangi.

Dia mengungkapkan, salah satu kegiatan penanggulangan pada tahapan pra bencana adalah upaya kesiapan komponen pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha baik yang bersinggung langsung maupun tidak langsung dengan pemanfaatan hutan dan lahan, oleh karena itu Bupati sangat mengapresiasi kegiatan apel Gelar Pasukan Persiapan Penanganan Karhutla Kabupaten Gumas tahun 2020 yang dilaksanakan hari ini.

BACA JUGA :  BUPATI JAYA S MUNONG TINJAU RUMAH YANG SUDAH DIBEDAH
PEMKAB GUMAS SIAP ANTISIPASI KARHUTLA 2

Hal tersebut kata dia, penyelenggaraan penanggulangan bencana khususnya bencana kebakaran hutan dan lahan sudah barang tentu bukan hanya menjadi tenggung jawab pemerintah daerah saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak, terlebih para pelaku yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan, sehingga untuk kasus ini ada sanksi pidana dan denda bagi pelaku.

“Oleh sebab itulah setelah memperhatikan iklim di daerah kita saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau dan kita menyadari kebiasan masyarakat Kabupaten Gumas dalam hal membuka lahan dan pekarangan dengan cara membakar yang dikhawatirkan dapat menimbulkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, maka perlu disikapi dengan baik,” ujarnya.

Bupati juga berharap dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Persiapan Karhutla Kabupaten Gumas Tahun 2020 yang melibatkan Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, Manggala Agni, PMI dan masyarakat serta dunia usaha ini dapat berperan aktif secara kolektif dalam upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sehingga bencana asap di Kabupaten Gumas tidak terjadi atau minimal dapat diatasai, sehingga dengan demikian kita dapat mewujudutkan komitmen bersama bahwa Kalimantan Tengah bebas asap Tahun 2020.

Persiapan tahun ini yang dilaksanakan antara lain apel gelar pasukan, dengan semua unsur terkait, kemudian pengecekan personil / pasukan, pengecekan sarana dan prasarana apakah berfungsi dengan baik, mengecek embung/sumber air, selanjutnya pengecekan posko pemantau/pencegahan untuk Karhutla yang dianggap rawan kebakaran seperti pada ruas jalan lintas Kuala Kurun menuju Palangka Raya, Desa Takaras dan beberapa titik lainnya. Selain itu didirikan posko – posko dibeberapa titik yang dianggap rawan kebakaran hutan dan menempatkan personil sampai ke tingkat desa.(AI/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.