PENANGGULANGAN COVID 19 MENJADI TANGGUNG JAWAB BERSAMA

oleh -
oleh
PENANGGULANGAN COVID 19 MENJADI TANGGUNG JAWAB BERSAMA 1

Kuala Kurun (Dayak News). Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong mengatakan penanggulangan bencana khususnya bencana Pandemi Covid 19 bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Gumas dalam sambutan tertulis nya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Yansiterson, saat membuka kegiatan Pembahasan Naskah Akademis dan Rancangan Peraturan Daerah Adaptasi Kebiasaan Baru Covid 19 Kabupaten Gunung Mas di Aula Kantor Bappedalitbang setempat, Rabu (21/04/2021).

Setiap wilayah atau daerah mempunyai karakteristik dan ciri khas masing-masing, begitu pula dalam hal hal penanganan suatu bencana terutama penanganan suatu wabah penyakit seperti yang terjadi saat ini.

Dalam penanganan dan penanggulangan Covid 19, bencana yang dihadapi saat ini sangat sulit diprediksi, sehingga tindakan yang bisa dilakukan yaitu upaya pencegahan dan upaya pemutusan mata rantai penyebaran.

“Kabupaten Gunung Mas termasuk wilayah dengan penyebaran Covid 19 pada urutan ke 8 (Delapan) dari 13 (Tiga Belas) Kabupaten atau Kota di Provinsi Kalimantan Tengah dengan status zonasi orange,” ucap Jaya.

Percepatan dalam penanganan penyebaran Covid 19 sangat penting dan perlu tindakan cepat dalam pemutusan dan penyebarannya, oleh karena itu diperlukan suatu payung hukum dalam pelaksanaan pencegahan, penanganan dan melakukan pendisiplinan masyarakat secara persuasif oleh pihak terkait.

“Saya Harapkan dalam pelaksanaan rapat pembahasan Naskah Akademis dan Rancangan Peraturan Daerah Adaptasi Kebiasaan Baru Covid 19 Kabupaten Gunung Mas tahun 2021 yang melibatkan Pemerintah Daerah, Masyarakat, dan juga pelaku usaha dapat mendiskusikan secara intensif dan partisipatif,” imbuhnya.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gunung Mas Champili mengatakan kegiatan ini dihadiri oleh Asisten I Lurand, Wakapolres Gumas Kompol Daeng Riandika Mahardani, S.I.K, dan lainnya. (AI/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.