PMI Gunung Mas adakan Operasi Katarak Gratis di Klinik Mata Isen Mulang

oleh -
oleh
PMI Gunung Mas adakan Operasi Katarak Gratis di Klinik Mata Isen Mulang 1
Pasien penderita katarak yang akan menjalani operasi. (foto/mmc gumas).

Palangka Raya (Dayak News) – Pada Jumat, 15 Maret 2024, Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing, yang juga menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), turut menghadiri serta mengawal dan memantau jalannya kegiatan pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak gratis bagi warga Gunung Mas di Klinik Mata Isen Mulang, Kota Palangka Raya.

Bakti sosial operasi katarak ini merupakan inisiatif dari PMI Kabupaten Gunung Mas, yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, Bapak H. Nuryakin, yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Provinsi Kalimantan Tengah.

Hadir dalam acara ini adalah Staf Ahli Gubernur Kalteng, Pimpinan Gabungan Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Dirut Bank Kalteng Palangkaraya, Dokter spesialis mata, Kepala RSUD Kabupaten Gunung Mas, Kepala DP2KBPPPA Kabupaten Gunung Mas, Ketua Panitia Penyelenggara operasi Katarak, Anggota PMI Palangkaraya dan PMI Gunung Mas, serta pasien penderita katarak yang akan menjalani operasi.

Dalam sambutannya, Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin menyatakan apresiasi terhadap kegiatan operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh PMI Kabupaten Gunung Mas. Ia menyebut bahwa kegiatan bakti sosial ini sangat membantu masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-hari, mengingat pentingnya peran mata dalam beraktivitas.

“Nanti ada kerjasama dengan GAPKI, Bank Kalteng, Klinik Mata Isen Mulang, tentunya ini membuat kita bahwa perlu ada kerjasama ke depan, dimana masyarakat Kalteng di 13 kabupaten dan 1 kota, mempunyai problem yang sama, tetap juga perlu penanganan yang berbeda,” kata Sekda, menyoroti pentingnya kerjasama dalam menangani masalah kesehatan di wilayah tersebut.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing, mengungkapkan bahwa operasi katarak gratis diikuti oleh 45 orang dari 11 Puskesmas. Menurutnya, kegiatan ini adalah bentuk nyata dari kepedulian kemanusiaan PMI Kabupaten Gunung Mas terhadap warga yang kurang mampu.

BACA JUGA :  MELALUI KEGIATAN OPERASI YUSTISI, POLRES GUMAS TEGUR WARGA TAK GUNAKAN MASKER

“Kegiatan ini akan terus kami kawal dan pantau. Kami pastikan bahwa penderita katarak yang menjalani operasi akan sembuh dan pulih dari penyakit yang dideritanya,” ujar Efrensia L.P Umbing.

Lebih lanjut, Efrensia menekankan pentingnya perawatan mata untuk menjaga kesehatan dan fungsionalitasnya. Ia menyoroti bahwa katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan di Indonesia, sehingga kegiatan seperti ini memiliki dampak yang sangat positif bagi masyarakat.

Operasi katarak gratis ini menjadi salah satu upaya konkret PMI Kabupaten Gunung Mas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan, serta memperkuat kolaborasi antar lembaga untuk memperluas cakupan dan manfaat bagi seluruh warga Kalimantan Tengah. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.