PMI Gunung Mas: Operasi Katarak Gratis, Pencerahan Penglihatan untuk Masyarakat Kurang Mampu

oleh -
oleh
PMI Gunung Mas: Operasi Katarak Gratis, Pencerahan Penglihatan untuk Masyarakat Kurang Mampu 1
Wakil Bupati (Wabup) Gunung Mas Efrensia L.P Umbing yang juga Ketua PMI Kabupaten Gunung Mas. (foto/mmc Gumas)

Kuala Kurun (Dayak News) – Dalam menjalankan misi kemanusiaan dan berperan aktif dalam membantu masyarakat, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunung Mas terus bermitra dengan pemerintah daerah serta melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial dan tanggap bencana. Salah satu program unggulannya adalah operasi katarak gratis bagi masyarakat yang kurang mampu.

Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing, yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kabupaten Gunung Mas, Jumat (15/3/2024)  menjelaskan bahwa program ini diadakan dengan harapan dapat membantu masyarakat miskin yang mengalami masalah dengan katarak. Melalui operasi ini, diharapkan mereka bisa pulih dan melanjutkan kehidupan dengan penglihatan yang lebih baik.

Ketua Panitia PMI Bakti Sosial Operasi Katarak, dr. Waltiana, menekankan bahwa PMI memperhatikan kemanusiaan untuk menciptakan masyarakat yang memiliki penglihatan sehat, hidup produktif, dan berkualitas. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin dan rentan, terutama di Kabupaten Gunung Mas.

Pelaksanaan kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis ini didukung oleh Hibah PMI Kabupaten Gunung Mas, serta dukungan dari donatur gabungan, antara lain perusahaan kelapa sawit Indonesia (GAPKI) dan Bank Pembangunan Kalteng.

Wabup Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing, menegaskan bahwa operasi katarak gratis ini diikuti oleh 45 orang dari 11 Puskesmas. Ini merupakan wujud nyata dari kepedulian kemanusiaan PMI Kabupaten Gunung Mas terhadap warga yang membutuhkan.

“Kegiatan ini sangat saya dukung, karena mata adalah alat organ yang vital bagi tubuh. Mata juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya,” ujar Wabup.

Harapannya, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di masa mendatang, serta dapat mencakup lebih banyak pasien dengan gangguan penglihatan. Dengan demikian, PMI Kabupaten Gunung Mas terus berkomitmen untuk memberikan bantuan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan, serta berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanganan penyakit mata, termasuk katarak, glaukoma, dan kelainan refraksi. (Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.