PROGRAM PAMSIMAS TERUS BERGERAK DI GUMAS

oleh -32 views
PROGRAM PAMSIMAS TERUS BERGERAK DI GUMAS 1

Kuala Kurun, 7/8/2020 (Dayak News). Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat terus bergerak di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalantan Tengah (Kalteng).

Sedikitnya 34 desa sudah disasarkan oleh program hingga tahun 2020.

Kepala Bidang Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Kewilayahan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gumas, Beben Martinus mengatakan tahun ini menggarap empat desa tersebut tersebar dua kecamatan.

Keempat desa itu, yakin Teluk Nyatu di Kecamatan Kurun, dan Sarerangan, Tumbang Pajangei, serta Taja Urap di Kecamatan Tewah.

“Untuk Teluk Nyatu, Sarerangan, dan Pajangei didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sedangkan Taja Urap didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gumas,” kata Beben Martinus ketika dikonfirmasi, Jumat (7/8/2020).

Dikatakan, empat desa itu telah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Untuk yang didanai APBN melakukan PKS dengan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Kalteng.

Sedangkan yang didanai APBD dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gumas.

“Hingga kini keempat desa telah melaksanakan proses pencairan dana termin pertama. Untuk pelaksanaan pembangunan fisik yang didanai APBN telah mencapai kemajuan sekitar 40 persen Sedangkan yang didanai APBD saat ini dalam proses pengajuan untuk pencairan dana termin kedua,” katanya.

Sejak tahun 2017 hingga 2019, program Pamsimas III telah menyasar di 30 desa di Kabupaten Gumas. Dengan adanya tambahan empat desa pada tahun 2020, berarti sudah menyasar sebanyak 34 desa di Kabupaten Gumas.(AI/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *