SEKDA GUMAS BUKA MUSCAB III IKATAN BIDAN INDONESIA

oleh -9 views
SEKDA GUMAS BUKA MUSCAB III IKATAN BIDAN INDONESIA 1
Muscab III Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021.

Kuala Kurun (Dayak News) – Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas (Sekda Gumas) Yansiterson mewakil Bupati membuka Muscab III Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021 berlangsung di GPU Tampung Penyang.

“Saya berharap forum ini bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang membangun bagi organisasi, khususnya dalam melaksanakan fungsi pengabdian kepada masyarakat, sekaligus berkontribusi terhadap visi Pemerintah Daerah Gunung Mas yaitu terwujudnya Kabupaten Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri,” ucap Yansiterson saat membacakan sambutan tertulis Bupati, Sabtu (10/4/2021) .

Lanjut dia, Bidan merupakan tenaga profesional yang bermitra dengan kaum perempuan dan bertanggung jawab memberikan dukungan asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan nifas serta memberikan asuhan kepada bayi.

“Dengan adanya peran ini, profesi kebidanan mencakup upaya pencegahan, promosi kesehatan, pertolongan persalinan normal, deteksi komplikasi pada ibu dan anak, serta akses bantuan medis, dan melaksanakan pertolongan kegawat-daruratan,” tutur Yansiterson.

Pada posisi inilah profesi bidan dapat berperan dalam menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi), yang secara lebih luas lagi mendorong terjadinya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Saat ini pun, bidan juga menjadi salah satu profesi yang mengabdi kepada masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan terkait Pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, saya begitu mengapresiasi Muscab hari ini, mudah-mudahan mampu meningkatkan kualitas pelayanan bidan.

“Muscab IBI diharapkan mampu melahirkan kepemimpinan yang lebih baik atau minimal sama dengan kepemimpinan periode sebelumnya. Lebih dari itu, saya mengharapkan pemimpin yang baru mampu menyusun program kerja yang sesuai dengan program kesehatan yang ada saat ini serta mampu menyentuh kebutuhan anggotanya dan juga masyarakat secara lebih luas,” ujarnya.

Sementara itu,    Ketua Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Gunung Mas Masa Bakti Tahun 2013-2018 Armelin mengatakan, Ikatan Bidan Indonesia merupakan organisasi profesi satu-satunya yang menjadi wadah dan perhimpunan para bidan Indonesia, selain itu juga merupakan Lembaga Swadaya masyarakat dan organisasi perempuan yang pada tanggal 24 Juni tahun 2021 ini telah berusia 70 tahun.

Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kabupaten Gunung Mas sendiri terbentuk pada tahun 2005 setelah terpisah dari Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Kapuas sebagai Kabupaten Induk, sehingga sampai saat ini Ikatan Bidan Indonesia telah berusia 16 tahun.

Pada saat dibentuk, Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Gunung Mas hanya beranggotakan 45 orang bidan, namun keanggotaan Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kabupaten Gunung Mas mengalami pertambahan dan pada saat ini berjumlah 300 orang, dengan jumlah bidan yang bekerja  pada instansi pemerintah baik tenaga fungsional maupun struktural, yaitu pegawai negeri sipil (PNS) maupun pegawai tidak tetap (PTT) sebanyak 246 orang, di klinik perusahaan  12 orang dan praktek mandiri bidan sebanyak 16 orang serta yang belum bekerja 26 orang,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *