SMAN 1 KURUN LAKSANAKAN UJIAN SECARA DARING

oleh -9 views
SMAN 1 KURUN LAKSANAKAN UJIAN SECARA DARING 1

KUALA KURUN (Dayak News) – Saat ini, seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Sederajat, tengah melaksanakan Ujian Sekolah yang dimulai dari 29 Maret hingga 7 April nanti. Ini merupakan pengganti Ujian Nasional (UNAS) yang ditiadakan, akibat dari pandemi Covid-19.

”Untuk Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kurun, kami melaksanakan ujian sekolah secara daring. Kami tidak mau mengambil resiko, karena Covid-19 khusus Kecamatan Kurun terus bertambah,” ucap Kepala SMAN 1 Kurun Batuah, Rabu (31/3).

Di tahun pelajaran 2020/2021 ini, kata dia, pelaksanaan Ujian Sekolah di SMAN 1 Kurun diikuti oleh 235 peserta didik. Terdiri dari, jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 90 orang, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 119 orang, dan Bahasa Indonesia 26 orang.

”Peserta didik yang mengikuti ujian sekolah di SMAN 1 Kurun, kami bagi menjadi 12 kelompok. Ini dilakukan untuk memudahkan guru dalam pengelolaan ujian,” tuturnya.

Dia mengatakan, ada beberapa mata pelajaran yang ada di ujian sekolah, diantaranya Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika (umum), Penjas, Bahasa Inggris, Sejarah Indonesia, Kimia, Geografi, Antropologi, Bahasa Indonesia, Biologi, Sosiologi, Sastra Indonesia, Seni Budaya, Fisika, Ekonomi, Bahasa Jerman, Lintas Minat Geografi, Lintas Minat Biologi, Matematika (peminatan), Bahasa dan Sastra Inggris, Prakarya dan Kewirausahaan, serta Muatan Lokal.

”Dalam satu mata pelajaran pada ujian sekolah, peserta didik diberikan waktu dua jam untuk menjawab soal pilihan ganda dan esai. Peserta didik yang tidak dapat mengikuti ujian sekolah dengan alasan tertentu, mereka nantinya bisa mengikuti ujian sekolah susulan,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut dia, untuk pelaksanaan ujian sekolah, SMAN 1 Kurun melakukan berbagai persiapan, seperti membentuk panitia ujian sekolah, membuat soal ujian oleh para guru di satuan pendidikan, serta menyiapkan aplikasi google formulir untuk soal ujian peserta didik.

”Secara umum hingga hari ini, pelaksanaan ujian sekolah berjalan baik dan lancar. Memang ada peserta didik yang terkendala jaringan telekomunikasi, paket data, dan pulsa, namun itu bisa diselesaikan dengan berkonsultasi ke sekolah,” ujarnya.

Dia menambahkan, SMAN 1 Kurun juga menyiapkan 262 unit gawai, yang dapat dipinjam oleh peserta didik untuk mengikuti ujian sekolah.

”Dari jumlah tersebut, ada tiga unit gawai yang di pinjam oleh peserta didik untuk mengikuti ujian ini,” tandasnya. (PR/AI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *