SOSIALISASI INVENTARISASI DATA INFORMASI LINGKUNGAN HIDUP PENYUSUNAN RPPLH KALTENG DI GUMAS

oleh -
oleh
SOSIALISASI INVENTARISASI DATA INFORMASI LINGKUNGAN HIDUP PENYUSUNAN RPPLH KALTENG DI GUMAS 1

Kuala Kurun, 18/11/19 (Dayak News). Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerjasama dengan DLH Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar sosialisasi dan inventarisasi data serta informasi lingkungan hidup, dalam penyusunan rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (RPPLH) Provinsi Kalteng.

”Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya membangun komitmen bersama untuk selalu melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan penyamaan persepsi dalam rangka membantu penyusunan RPPLH Pemerintah Provinsi Kalteng,” ucap Plt Kepala DLH Kabupaten Gumas Yohanes Tuah, Senin (18/11) pagi.

Mekanisme penyusunan RPPLH, masih berpedoman pada Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dimana seluruh gubernur dan bupati/walikota menugaskan DLH untuk menyusun RPPLH sesuai dengan kewenangan. Nantinya ini menjadi dasar dan dimuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

”Dalam penyusunan RPPLH Provinsi Kalteng, kita dari kabupaten diminta untuk membantu tim DLH provinsi, dengan menyediakan data yang dibutuhkan mereka. Untuk itu, perlu adanya keseriusan dan komitmen dari masing-masing SOPD di kabupaten/kota untuk memaksimalkannya,” ujar dia.
Adapun jenis data dan informasi lingkungan hidup yang wajib disiapkan oleh SOPD, yakni data potensi dan kondisi Sumber Daya Alam (SDA) serta ekosistem sensitif, kependudukan dan permukiman, pertumbuhan ekonomi, bencana dan kerusakan lingkungan, kualitas lingkungan hidup (air, udara, dan tutupan lahan).

”Selain itu, juga harus menyiapkan data permasalahan dan konflik lingkungan hidup, indikasi dari daya dukung dan daya tampung, peta kawasan hutan, peta rawan bencana, peta kawasan strategis, peta wilayah administrasi pemerintahan, serta data lain yang dibutuhkan,” tuturnya.

Dia pun berharap kepada SOPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas, agar sungguh-sungguh membantu dalam memberikan informasi dan data yang dibutuhkan, dalam rangka menghimpun untuk penyusunan RPPLH Provinsi Kalteng.

BACA JUGA :  PERSIAPAN SAMBUT HUT RI KE-77, PEMKAB GUMAS LAKUKAN SELEKSI PASKIBRAKA

”Kita juga bersyukur bahwa Pemprov Kalteng dalam memulai penyusunan RPPLH, melalui tahap sosialisasi dan inventarisasi data dan informasi lingkungan hidup di tingkat kabupaten/kota,” pungkasnya.(AI/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.