TP-PKK SAMPAI KE DESA DI GUMAS WAJIB BENTUK KELOMPOK DASAWISMA

oleh -
oleh
TP-PKK SAMPAI KE DESA DI GUMAS WAJIB BENTUK KELOMPOK DASAWISMA 1
DASAWISMA - Bupati Gumas Jaya S Monong didampingi Ketua TP-PKK Mimie Mariatie Jaya S Monong, dan Camat Mihing Raya Cristopel Helman, ketika menyerahkan bantuan berupa tong air, handsanitizer, meja sarana cuci tangan, dan masker, di Aula Kantor Kecamatan setempat, Kamis pagi (18/6/2020).(Foto/AI).

Kuala Kurun, 21/6/2020 (Dayak News). Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melakukan kunjungan kerja ke kecamatan Mihing Raya sekaligus menyerahkan bantuan, berupa tong air, handsanitizer, meja sarana cuci tangan, dan masker kepada sekolah serta rumah ibadah di semua kelurahan dan desa.

Pemberian bantuan tersebut dalam rangka penanggulangan dan pencegahan virus corona atau Covid-19 di Kecamatan Mihing Raya.

Kunjungan sekaligus penyuluhan pembinaan terkait program dasawisma, stunting, dan Covid-19. Dasawisma merupakan program kerja PKK mulai dari pusat sampai ke desa, yang terdiri dari kelompok ibu dari 10 kepala keluarga (KK), yang melakukan aktivitas bermanfaat bagi keluarga.

”Dasawisma adalah program dari TP-PKK untuk bercocok tanam di lahan pekarangan, beternak, dan membuat kerajinan tangan. Kami mewajibkan seluruh TP-PKK kecamatan, kelurahan, dan desa, untuk membentuk kelompok dasawisma,” ucap Ketua TP-PKK Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong.

Ditambahkannya, dilahan pekarangan, kelompok dasawisma bisa menanam tanaman yang bermanfaat seperti jahe dan sayuran. Hasilnya bisa dikonsumsi sendiri, dan juga dijual untuk menambah penghasilan keluarga. Selain itu, dasawisma juga bisa bermanfaat bagi anak untuk mendapatkan gizi yang lebih baik.

”Program dasawisma lebih kepada ketahanan pangan, dimana juga bisa untuk pencegahan Covid-19. Hasil dari bercocok tanam dan beternak jika dikonsumsi akan berpengaruh pada penambahan daya tahan tubuh, sehingga terhindar dari penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sebagai bentuk pembinaan terhadap program dasawisma, kata Mimie, dari TP-PKK kabupaten akan terus melakukan pemantauan setiap kegiatan dasa wisma mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, dan desa.

”Nantinya, kami juga akan menyelenggarakan lomba dasawisma tingkat desa, kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten. Ini sebagai pemicu semangat untuk melakukan yang terbaik,” tuturnya.

BACA JUGA :  SEKDA GUMAS BUKA KEGIATAN ASISTENSI PENYUSUNAN LAPORAN LPPD

Bupati Gumas Jaya S Monong yang ikut dalam kunjungan itu mengakui, dasawisma adalah salah satu kegiatan yang mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati, berupa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) cerdas, yang berkonsentrasi pada upaya peningkatannya.

”Agar program ini berjalan baik, semua pihak harus mendukung. Jadi tidak hanya menjadi tugas TP-PPK, tetapi satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) terkait juga harus terlibat,” katanya.

Camat Mihing Raya Cristopel Helman mengatakan, TP-PKK Mihing Raya sangat mendukung program dasawisma. Salah satu bentuk dukungannya dengan sudah membentuk kelompok dasawisma di semua desa dan kelurahan.

”Memang saat ini kami sudah membentuk kelompok dasawisma, namun harus diakui sebagian besar masih belum aktif. Untuk itu, kami mengusulkan agar dilakukan sosialisasi nyata terkait program ini kepada ibu-ibu PKK di semua kelurahan dan desa,” ucapnya.(AI/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.