UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN IBU-IBU DI GUMAS FAKULTAS TEKNIK UPR BERI PELATIHAN KETERAMPILAN

oleh -
oleh
UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN IBU-IBU DI GUMAS FAKULTAS TEKNIK UPR BERI PELATIHAN KETERAMPILAN 1

Kuala Kurun (Dayak News) – Universitas Palangka Raya (UPR) Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur menggelar kegiatan lanjutan membuat kerajinan tangan teknik sospeso trasparente dengan media kain batik di aula kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Jumat (8/10/2021).

“Keterampilan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan bagi ibu-ibu yang mau berperan aktif menambahkan penghasilan untuk masyarakat,” ucap Elis Sri Rahayu sebagai tenaga pelatih.

Kerajinan tersebut lanjut Elis Sri Rahayu, medianya dari bahan-bahan yang merupakan kain perca bermotif batik dan plastik laminating yang dilem aja.

Media ini akan dibentuk menjadi tiga dimensi dan ditempelkan pada tas rotan bisa tempat tisu dan lainnya.

“Dengan alat ini setelah dipanaskan sisi plastiknya akan membentuk bentukan lebih tiga dimensi dan ditambah lagi tempelan di atasnya, ada beberapa tahapan dalam pengerjaannya terlebih lagi diberi pernis hasilnya akan lebih cantik dan mengkilap,” ujarnya.

UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN IBU-IBU DI GUMAS FAKULTAS TEKNIK UPR BERI PELATIHAN KETERAMPILAN 2

Dirinya mengatakan, pelatihan tersebut merupakan keterampilan lanjutan yang ketiga kalinya, pelatihan yang pertama cuma menempel saja, pelatihan yang kedua medianya tisu, dan yang ketiga medianya kain batik.

Seharusnya pelatihan kerajinan tangan teknik sospeso trasparente dengan media kain batik dilaksanakan tahun 2020 dikarenakan oleh Covid-19 maka diundur tahun 2021.

Kegiatan tersebut lanjut dia, “Saya yang berinisiasi melaksanakan kegiatan ini, kebetulan ada kenalan ibu-ibu disini lokasinya di kurun,” jelasnya ketika dibincangi gunungmaskab.go.id, (8/10).

“Melalui pertemuan ini saya berharap dapat menambah pengalaman dan pengetahuan ibu-ibu di masa pandemi covid-19,” pungkasnya. (PR/AI)

BACA JUGA :  Desinfektan dari Eco Enzyme untuk Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.