WABUP GUMAS BERHARAP PENDAPATAN ASLI DAERAHMENINGKAT

oleh -
oleh
WABUP GUMAS BERHARAP PENDAPATAN ASLI DAERAHMENINGKAT 1

Kuala Kurun (Dayak News). Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L. P. Umbing bersama Forkopimda mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) keXXV secara virtual di ruang rapat lantai 1 Kantor Bupati, Senin (26/4/2021).

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan diikuti oleh pemerintah daerah kabupaten kota se-Indonesia.Wakil Presiden mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan basis data yang dapat digunakan sebagai dasar dalam menyusun kebijakan daerah.“Perlu saya sampaikan terkait efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, bahwa pemetaan masalah dan kapasitas pemerintah daerah berbasis data sebagai dasar pembuatan kebijakan,” kata Wapres Ma’ruf Amin saat mengikuti Peringatan Hari otonomi Daerah XXV secara virtual dari Jakarta, Senin.

Wapres mengatakan, bencana kesehatan Covid-19 menjadi tamparan bagi pemda terkait pentingnya basis data dalam upaya penanganan pandemi.”Pandemi Covid-19 menjadi contoh pentingnya ketersediaan dan akses data dalam respon cepat Pemerintah dan pemda dalam menghadapi krisis,” jelasnya.

Proses digitalisasi diberbagai aspek pembangunan menjadi semakin relevan dengan kerangka open government di daerah, kata Ma’ruf. Otonomi daerah merupakanbentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah, dengan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat, meningkatkan daya saing daerahserta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Dalam Peringatan Hari otonomidaerah (Otda) ke XXV, Wapres juga berpesan agar kepala daerah memilikikemampuan kepemimpinan yang adaptif, sehingga mampu mengatasi berbagai situasidi daerah.

“Pelaksanaan otonomidaerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif, yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak, dan berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan baru,” ujarnya.

Wapres juga meminta kepada seluruh kepala daerah dan jajaran pemda untuk terus menegakkan protokol kesehatan dan menyukseskan vaksinasi, sebagai upaya menghentikan laju penyebaran Covid-19.

BACA JUGA :  Pemkab Gunung Mas Lakukan Penandatanganan Pakta Integritas tentang Percepatan Penyaluran Dana Desa

Wakil Bupati Gunung MasEfrensia L.P Umbing mengatakan, dengan adanya Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVpemerintah daerah semakin inovatif mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dan mandiri. “Saya berharap kedepan pilkada tidak menelan biaya yang tinggi, dan bisa mengatasi konflik-konflik yang ada, sehingga tidak berdampak negatif,” ujarnya.

Lanjut dia kedepan semua daerah otonomi baru didesain secara terarah, semoga Kabupaten Gunung Mas bisaseperti itu terutama kreatif, inovatif PAD meningkat dan bisa mandiri. (PR/AI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.