HARI KESAKTIAN PANCASILA DI KALTENG

oleh -3 views
Danrem Kolonel Arm Saiful Rizal, S. Sos bersama tokoh adat Dayak H Sabran Ahmad dan tokoh masyarakat usai pertemuan di Makorem, Selasa (1/10/2019).
Danrem Kolonel Arm Saiful Rizal, S. Sos bersama tokoh adat Dayak H Sabran Ahmad dan tokoh masyarakat usai pertemuan di Makorem, Selasa (1/10/2019).

Palangka Raya, 1/10/19 (Dayak News). Hari Kesaktian Pancasila di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) diperingati dalam sebuah upacara bendera.

Apel dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jalan RTA. Milono No. 1, Kota Palangka Raya, Selasa (1/10/19).

Upacara dipimpin oleh Danrem 102/Panju Panjung Kolonel Arm. Saiful Rizal, serta diikuti oleh seluruh ASN dan Tenaga Kontrak di lingkup Pemprov. Kalteng, unsur Forkopimda, serta para tamu undangan lainnya.

Sebagaimana diketahui, pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibelakangnya.

Akan tetapi otoritas militer dan kelompok keagamaan terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis.Untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia, dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965–1966.

Pada hari itu, enam Jenderal dan 1 Kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia.

Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. (Dayak News/Adv/PR/Den).

BACA JUGA :  GUBERNUR KALTENG H.SUGIANTO SABRAN GABUNG AUDIENSI APPSI BERSAMA MENDAGRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *