10180 SISWA SMK TERIMA BANTUAN DANA PAKET KERJA DI KALTENG

oleh -23 views
10180 SISWA SMK TERIMA BANTUAN DANA PAKET KERJA DI KALTENG 1

Palangka Raya, 25/6/2020 (Dayak News). Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) menyerahkan bantuan Dana Praktik Kerja Industri (Prakerin) bagi siswa-siswi dari 91 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kalteng, di Aula Jayang Tingang Lt. II Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (25/6/2020).

Bantuan Dana Prakerin senilai Rp 699.875.000 bagi 10.180 siswa-siswi se-Kalteng tersebut diserahkan secara simbolis kepada Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Mofit Saptono dan 8 perwakilan kepala sekolah.

Dalam arahannya, Gubernur Sugianto Sabran menegaskan akan terus berusaha membangun Kalteng sampai masa jabatan berakhir tahun 2021 nanti. Gubernur juga berharap para siswa menjadi orang yang berakhlak, berbakti kepada orang tua dan guru. “Saya berharap para siswa jadi orang yang berakhlak karena pintar tidak ada artinya jika tidak berakhlak,” jelas Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan bahwa pemerintah terus bekerja keras untuk menangani penyebaran virus Covid-19, antara lain dengan menggelar rapid test massal dan tracing dari warga masyarakat yang menunjukkan hasil reaktif.

Gubernur menganjurkan kepada para siswa membiasakan diri untuk hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan ketika akan masuk sekolah dan setelah pulang sekolah, menggunakan masker, menjaga jarak, dan berolah raga dengan teratur.

Selepas penyerahan bantuan, acara dirangkai dengan penyampaian testimoni 3 kepala sekolah, masing-masing Joko Lelono dari SMKN 1 Buntok sebagai perwakilan sekolah dari Wilayah Barito, Ahmad Arifin dari SMKN 1 Kota Besi sebagai perwakilan sekolah di Wilayah Barat, dan During dari SMKN 1 Kuala Kapuas sebagai perwakilan sekolah dari Wilayah Tengah.

10180 SISWA SMK TERIMA BANTUAN DANA PAKET KERJA DI KALTENG 2

Para kepala sekolah tersebut mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sugianto Sabran dan Pemerintah Provinsi Kalteng atas pemberian bantuan dana Prakerin bagi siswa-siswi SMK di Kalteng. Diharapkan, bantuan ini dapat menunjang kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang masih relevan dengan kompetensi siswa.

Seusai kegiatan, Kepala Sekolah SMKN 8 Palangka Raya Rahmi Kurnia Handayani, didampingi 2 siswanya Reyhan Izza Naufaldi dari Kelas 11 TKJ dan Ani Suharsih dari Kelas 11 ATPH, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sugianto Sabran yang selama 3 tahun berturut-turut memberikan bantuan, berupa 15 laptop pada tahun pertama, 5 laptop pada tahun berikutnya, dan tahun ini berupa bantuan dana Prakerin kepada 78 siswa siswi.

Menurut Rahmi, SMKN 8 Palangka Raya berada 31 km dari pusat kota atau berada di daerah pinggiran. “Namun, kami tidak ketinggalan teknologi. Harapan kami kepada Pemerintah Provinsi Sugianto Sabran dan jajarannya agar lebih bisa melihat sekolah-sekolah yang ada di pinggiran karena kami memiliki jurusan pertanian, jurusan perikanan yang kami unggulkan,” harap Rahmi seraya menambahkan bahwa nantinya ada kebijakan yang memberikan lowongan pekerjaan bagi siswa-siswi SMK yang telah menyelesaikan pendidikan.

Gubernur dalam wawancara seusai kegiatan menyampaikan bahwa pihaknya akan menganggarkan dana untuk SMK pertanian, peternakan, dan perikanan mulai tahun 2021 mendatang. “Berkaitan dengan Food Estate juga, nanti kami tahun 2021 mulai menganggarkan untuk SMK pertanian, peternakan, dan perikanan,” ucap Gubernur Sugianto Sabran.

Dia berharap bahwa SMK sebagai sekolah kejuruan, mampu menangkap peluang. “Bagaimana kepala sekolah mendidik siswanya agar mempunyai akhlak, menghormati orang tua dan guru, menciptakan orang-orang yang berani, pintar, cerdas, cerdik, dan jeli melihat peluang, seperti memproduksi masker dan handsanitizer di saat pandemi Covid-19,” paparnya.

“Ke depan kita tetap memperhatikan bagaimana dunia pendidikan tetap berjalan,” imbuh Gubernur Sugianto Sabran.(Pr/Hms/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *