HARGA TURUN PETANI MALAS PANEN SAWIT DI KALBAR

oleh -
oleh
HARGA TURUN PETANI MALAS PANEN SAWIT DI KALBAR 1

Pontianak, Dayak News. Minggu ketiga di bulan di Januari ini harga Tandan Buah Segar (TBS) di tingkat petani pemilik kebun sawit naik sekitar Rp 50 , – Rp 100 per Kg.

Namun kenaikan harga itu masih relatif kecil dan harganya masih relatif rendah karena harga TBS masih di bawah Rp 1000, per kg.
Hal itu dikatakan Abdullah (50) salah seorang petani pemilik kebun sawit di Desa Madani Kecamatan Sungai Raya kabupaten Kubu Raya kepadawartawan Minggu (20/1).
Ia mengatakan, harga TBS sudah turun sejak tahun lalu yaitu dari harga Rp 1.300, per kg turun hingga Rp 500, per kg. Pada kondisi harga sepeti itu,banyak petani pemilik kebun sawit yang kecewa dan putus asa.
Dikatakan demikian karena biaya untuk merawat kebun sawit atauongkos produksinya tidak sebanding dengan hasil panen kebun. Akibatnya banyak petani yang tidak memanen kebun atau TBS nya dibiarkan berjatuhanhingga rusak.
Hal itu dilakukan karena jika di panen maka biaya yang dikeluarkan untuk memanen tidak akan menutup biaya dari hasil panen yang didapat.
Namun sebaliknya jika tidak dipanen kebun sawit akan rusak dan berpegaruh terhadap kwalitas TBS.
Namun sekarang ini harga sudah sedikit mengalami kenaikan harga yaitu naik sekitar Rp 50,- per kg. Dimana harga sebelumnya yaitu Rp 600,- hingga Rp 650,- per kg naik pada awal minggu ini menjadi Rp 700,- per Kg.
Diharapkan harga TBS ini dapat mengalami kenaikan harga hingga
mencapai harga yang maksimal. Artinya harga TBS itu mampu membiaya pemeliharaan kebun dan juga memenuhi kebutuhan petani atau untuk
kesejahteraan petani.
Harga standar TBS di tingkat petani pemilik kebun minimal yaitu Rp 1000,- per Kg, jika harga TBS di bawah Rp 1000, per Kg maka hal itu akan menyulitkan petani pemilik kebun. Artinya jika harga TBS di tingkat petaniberada di bawah Rp 1000, per kg, maka petani akan kecewa dan mengeluhkarena tidak akan mampu untuk membiaya panen dan pemeliharaan kebun.
Untuk itu pihaknya mengharapkan pemerintah dapat memperhatikanharga TBS ditingkat petani pemilik kebun. Artinya harga TBS di tingkat petani pemilik kebun tetap berada paling rendah Rp 1000, per kg.(Dayak News/SOS/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.