PEMERINTAHAN DESA HARUS PROAKTIF UNTUK MENGGALI PONTENSI YANG ADA

oleh -
oleh
PEMERINTAHAN DESA HARUS PROAKTIF UNTUK MENGGALI PONTENSI YANG ADA 1

Nanga Bulik, 22/3/19 (Dayak News). Setiap desa yang ada di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, harus mempunyai produk unggulan, karena selama ini desa belum bisa memberdayakan potensi yang ada. Padahal banyak potensi yang ada di desa yang bisa dikelola untuk dikembangkan menjadi produk unggulan.

“Selama ini belum banyak kita melihat desa yang mampu memberdayakan potensi tersebut. Dan hanya berpangku tangan pada bantuan pemerintah. Kalau desa sudah punya badan usaha sesuai dengan karakter desa setempat, maka secara tidak langsung akan membantu pembangunan di daerahnya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lamandau, Drs. Muriadi, di Nanga Bulik, Jum’at (22/3/19).

Apabila salah satu desa punya produk unggulan desa, hal ini selain dapat membantu kemandirian desa, juga dapat membantu pembangunan pemerintah daerah pada saat ini.

“Kami sangat mendukung penuh 4 program perioritas yang digencarkan oleh Presiden Republik Indonesia, salah satunya yakni membangun dari pinggiran,” jelasnya.

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Lamandau ini juga menambahkan, ada beberapa desa di Kabupaten Lamandau ini banyak terdapat wilayah perairan sungai. Terutama potensi perikanan hingga tempat objek wisata. Maka potensi inilah bisa diolah menjadi produk unggulan desa yang tidak hanya menambah pendapatan ekonomi, tapi juga pemberdayaan desa.

Kalau hal ini dikemas dalam badan usaha atau BUMDes. Maka hal ini bisa menjadi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitar. Dan desa juga punya produk unggulan, dari dana ADD juga dibenarkan, dimana dananya bisa untuk modal dasar untuk mengelola potensi tersebut, sehingga capaian akan terlaksana dengan baik.

“Pemerintah desa diharapkan agar dapat membaca peluang untuk memberdayakan masyarakat diwilayah setempat. Intinya desa harus proaktif dalam memberdayakan potensi desa yang ada di setiap desa untuk mewujudkan Kabupaten Lamandau yang “JUARA”Jujur, Unggul, Adil, Religius, dan Aman,” demikian Muriadi. (Dayak News/Fuad/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.