ATAL S DEPARI INGATKAN PENTINGNYA SERTIFIKASI BAGI WARTAWAN DAN PERUSAHAAN PERS

oleh -
oleh
ATAL S DEPARI INGATKAN PENTINGNYA SERTIFIKASI BAGI WARTAWAN DAN PERUSAHAAN PERS 1
Foto: ARAHAN - Ketua Umum PWI Pusat H Atal S Depari memberikan arahan kepada wartawan dalam kunjungan ke Sekretariat PWI Barito Utara, Minggu (29/4/19) pagi. Kehadiran Atal ini dalam rangka puncak peringatan HPN tingkat Provinsi Kalteng yang digelar nanti malam.(Dayak News/Saripudin).

MUARA TEWEH, 29/4/19 (Dayak News). Ketua Umum (Ketum) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari berpesan agar seluruh insan pers di Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk memenuhi tuntutan sertifikasi kompetensi. Sebab, ke depan, hanya wartawan yang kompetenlah yang aktivitas peliputan serta karya jurnalistiknya diterima publik.

“Di Sumatra Barat, pimpinan daerah telah menginstruksikan jajarannya untuk tidak lagi menerima (wawancara) wartawan yang tidak sertifikasi,” terang Ketum PWI Pusat, setibanya di Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut), Minggu (29/4/19).

Berbicara di hadapan puluhan insan pers saat meninjau Gedung Sekretariat PWI Barut, di Jalan Pramuka, Muara Teweh, Atal S Depari meminta setiap anggota PWI untuk aktif mengikuti rangkaian proses sertifikasi, seperti Karya Latih Wartawan (KLW), Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI), dan puncaknya Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Dijelaskan Atal, sertifikasi kompetensi merupakan proses untuk mencetak insan pers yang karya jurnalistiknya dapat dipertanggung jawabkan. Sebab, di dalam proses sertifikasi ini, para wartawan dilatih dan diuji pemahamannya dan menerapkan undang-undang pers serta kode etik jurnalistik.

Selain bagi insan pers, Atal S Depari juga mengingatkan setiap pengelola perusahaan pers untuk memenuhi ketentuan sertifikasi ini bagi media massanya. Aspek-aspek sertifikasi itu, antara lain, level kompetensi pemimpin redaksinya, kuantitas berita yang dilansir setiap hari, dan juga jumlah pengakses khusus media online.

Kedatangan Ketum PWI Pusat sendiri ke Kota Muara Teweh ini dalam rangka menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 tingkat Provinsi Kalteng yang akan digelar nanti malam, di Balai Antang.

Penanggung Jawab HPN H Sutransyah, menjelaskan, selain Ketum PWI Pusat, puncak peringatan nanti malam rencananya juga dihadiri Gubernur Kalteng, Bupati Barut, Bupati Barito Selatan, Bupati Barito Timur, Bupati Gunung Mas, jajaran DPRD sejumlah daerah, dan undangan kehormatan lainnya.

“Rangkaian kegiatan HPN di Barut ini telah dilaksanakan sejak 19 Maret lalu,” jelas Ketua PWI Kalteng ini.

Diterangkannya, kegiatan penyearak HPN tersebut meliputi seminar peran pers bersama apartur desa, sosialisasi dan pelatihan pers bagi pelajar, bakti sosial dan penyerahan bantuan bagi warga Desa Binaan PWI, turnamen futsal, pemeriksaan kesehatan gratis, dan pameran buku. (Dayak News/SAR/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.