MENJELANG RAMADHAN STOK PANGAN DIJAMIN AMAN DI KALBAR

oleh -38 views

PONTIANAK, 3/5/19 (Dayak News). Menjelang Ramdhan dan perayaan lebaran stok pangan untuk wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) dipastikan aman dan harga sembako diupayakan tetap stabil.

Sementara untuk mengantisipasi stabiltas harga dan stok sembako Forkopinda dan aparat Kepolisian mengadakan rakor pada Selasa (20/4/19).
Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH usai mengadakan rakor kepada wartawan Selasa (30/4/19) mengatakan, pihaknya bersama dinas terkait akan turun langsung mengecek ketersediaan barang dan memantau pendistribusian. Selain itu juga , untuk memastikan seluruh stok bahan pokok di Kalbar dalam keadaan aman.
Ia mengatakan, tiga hal yang selalu kita atensi terkait kebutuhan primer ini, bagaimana memastikan kecukupan stok dan memastikan distribusi, jangan sampai ada penimbunan. Selain itu, memastikan harga eceran tertinggi di pasaran, dalam hal ini harus kita konsepkan bersama, harus ada sangsi bagi mereka yang memainkan dengan menaikkan harga.
Dimana mengakibatkan persentase disparitas harganya tinggi, jangan sampai terjadi pasar suka suka menentukan disparitas harga yang tinggi. Oleh sebab itu akan kita tangani secara bersama karena ini merupakan kebutuhan primer.
Pihaknya juga mendukung adanya gudang legal, sehingga kontrol terhadap seluruh komponen serta satgas pangan, dapat memantau dengan baik dan pengusaha juga akan merasa aman. Selain itu juga perlu komitmen dari semua pihak dalam rangka menjaga ketercukupan, ketersediaan, distribusi serta harga sembako.
Hal-hal inilah yang harus dibicarakan, selanjutnya diambil kesepakatan dan komitmen bersama untuk menjaga stanilitas harga dan stok pangan tetap aman. Sehingga perayaan bulan puasa ramadhan dan lebaran dapat kita rayakan bersama dengan aman dan tenang.
Pihaknya bersama dengan satgas pangan dan dibantu TNI dan seluruh “stakholder” lainnya akan mengawal, menjaga semua yang terkait dengan kepentingan pangan masyarakat Kalbar. Artinya sepanjang untuk kepentingan masyarakat pasti akan di kawal, dijaga, dan dialancarkan serta diupayakan untuk disukseskan.
Ia menambahkan, yang paling utama adalah bagaimana mengupayakan agar masyarakat bisa menikmati, merasakan kem,udahan terhadpa masalah stok dan harga pangan.
Sementara penegakkan hukum adalah opsi terakhir manakala ada permasalhan yang dapat mengganggu kelancaran dari pendistribusian maupun ketersediaan pangan.
Untuk itu pihaknya bersama dengan Satgas Pangan akan melihat gudang Bulog dan melihat data di bulog yaitu untuk ketersediaan pangan satu bulan ke depan. Jadi akan di cek seraca rutin ketersediaan stok pangan baik di bulog maupun di gudang. (Dayak News/SOS/BBU).

BACA JUGA :  PEMKAB KATINGAN SIAGA AWASI KARHUTLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *