KALTENG SIAP MENSUKSESKAN KEBIJAKAN PEMERINTAH PUSAT

oleh -29 views

Jakarta, 6/5/19 (Dayak News). Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H.Sugianto Sabran mengatakan, sebagai Gubernur dia merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, maka apa pun yang diputuskan oleh Presiden harus didukung.Termasuk rencana pemindahan ibukota negara RI.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran saat diundang Kantor Staf Presiden (KSP) dalam diskusi media di Istana negara, Senin (6/5/19).

Dalam diskusi ini, Gubernur mengatakan, Palangka Raya adalah cita-cita Soekarno untuk masadepan Ibukota Pemerintahan NKRI. Dari sisi geopolitik pertahanan nasional, daerah ini terletak di tengah Indonesia, bebas dari rawan bencana, aman dari perbatasan negara.

Sesuai dengan arahan Bapak Presiden tahun 2016, Saya selaku Gubernur telah siap dan sudah mencadangkan lahan untuk kebutuhan Ibukota di Kalteng.

“Selaku Wakil Pemerintah Pusat di Daerah, saya sudah cadangkan dan amankan.Pokoknya siap mensukseskan Rencana Revolusioner Pembangunan Ibukota Pemerintahan NKRI dari visi Nawacita Presiden Joko Widodo,” tandasnya.

Menurut Gubernur H.Sugianto, daya tarik Kalteng layak menjadi alternatif lokasi Ibukota pemerintahan yang baru. Hal ini sesuai dengan hasil kajian Bappenas :

Pertama tersedianya lokasi luas , dua potensi ekonomi besar, tiga secara geografis dan strategis,empat Insya Allah bebas dan aman dari Bencana Gempa Bumi.

Daya tarik dunia, Kalteng adalah paru paru dunia, daerah hijau yang cocok untuk membangun infrastruktur green city yang ramah lingkungan. Tersedianya Sumber Energi batubara yang melimpah, lahan pertanian yang luas.

Aspek budaya Kalteng juga sangat kuat, mempunyai slogan dengan bumi pancasila, bumi yang menjunjung tinggi keberagaman dengan simbolisasi Huma Betang.

Filosofi Hums Betang ini pernah disinggung Ma’ruf Amin dalam debat calon Presiden dan Wapres. Huma Betang sendiri adalah rumah khas dayak dimana didalamnya dihuni oleh kelompok masyarakat dengan perbedaan dan keberagaman.

BACA JUGA :  PERTAMA KALI SELURUH SMP DI LANDAK LAKSANAKAN UNBK

Kalteng terletak ditengah-tengah Indonesia, yang akan merubah Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris. Karena Kalteng adalah Indonesia. (Dayak News/PR/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *