SAMAKAN PERSEPSI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI SAMSAT

oleh -
oleh
SAMAKAN PERSEPSI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI SAMSAT 1

PONTIANAK – Jajaran Badan Pengelola Keuangan dan Pedapatan Daerah (BPKPD) UPT Pontianak Wilayah I Samsat bersama dengan Direktorat Lalu lintas Polda Kalimantan Barat (Kalbar) dan Jasa Raharja beserta elemen masyarakat mengadakan pertemuan untuk menetapkan standar pelayanan publik Jumat (19/7/19).

Tujuan pertemuan ini untuk menyamakan persepsi antar stakeholder terkait mengenai pelayanan SAMSAT .

Hal itu dikatakan Markus Dalon kepala UPT Pelayanan Pendapatan Daerah Pontianak Wilayah I Badan Pengelola Keuangan dan pendapat Daerah Pemprov Kalbar kepada wartawan usai pertemuan penetapan standar pelayanan publik Jumat (19/7/19).

Ia mengatakan, pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan amanah UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik serta mendorong percepatan peningkatan pelayanan publik secara khusus pada Samsat Wilayah I Pontianak. Sementara tujuan dari pertemuan ini untuk menyamakan persepsi antar stakeholder terkait mengenai pelayanan Samsat.

Selain itu juga untuk menyelaraskan kemampuan penyelenggara pelayanan publik dengan kebutuhan masyarakat. Serta kondisi lingkungan dan kearifan lokal dalam standar pelayanan Samsat.

Disamping itu adanya kesepakatan bersama dalam standar pelayanan Samsat dan dukungan serta masukan dari para pihak dalam penerapan standar pelayanan. Artinya tandar pelayanan yang diberikan Samsat menjadi lebih mudah dan murah.

Sementara yang dibahas dan sudah disepakati yaitu standar pelayanan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), perpanjangan dan pergantian STNK. Selanjutnya standar pelayanan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) baru dan kendaraan kedua dan seterusnya serta standar pelayanan penerbitan fiskal mutasi kendaraan masuk dan keluar.

Diharapkan dengan adanya kesepakatan dalam standar pelayanan Samsat akan memudahkan aparat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selanjutnya masyarakat yang mendapatkan pelayanan di Samsat akan dilayani dengan mudah dan cepat.

BACA JUGA :  POLAIRUD BERIKAN LAYANAN KHUSUS DI WILAYAH PERAIRAN

Dengan demikian diharapkan penerimaan pajak kendaraan bermotor setiap tahun dapat mengalami peningkatan sesuai dengan yang diharapkan. Sebab masyarakat sudah merasa terlayani dengan baik khususnya dalam pengurusan pajak kendaraan bermotor (PKB) di Wilayah Samsat I Pontianak. [Dayak News/Sahat Oloan Saragih].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.