GUBERNUR H. SUGIANTO MINTA MASYARAKAT JANGAN PANIK

oleh -
oleh
GUBERNUR H. SUGIANTO MINTA MASYARAKAT JANGAN PANIK 1

Palangka Raya, 4/3/2020 (Dayak News). Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran mengimbau bagi masyarakat agar panik menghadapi virus Corona.

Iimbauan orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai, Bumi Dayak, Bumi Pancasila itu disampaikan melalui Biro PKP Kalteng kepada wartawan, Selasa (4/2/2020).

Dalam kesempatan itu Gubernur juga mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk turut mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat dalam rangka menjaga diri dari serangan virus corona.

“Masyarakat jangan panik, pemerintah daerah sebagaimana kebijakan dari pemerintah pusat telah melakukan langkah-langkah antisipasi berkaitan dengan virus corona ini,” kata Gubernur Sugianto.

Bagi ASN supaya turut memberi contoh kepada masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat, antara lain dengan menjaga kebersihan diri serta kebersihan di lingkungan kantor dan rumah, di mana pola hidup sehat tersebut dapat dimulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga.

“Yang terpenting bagaimana kita menjaga pola hidup sehat itu, dimulai dari lingkungan terkecil, keluarga,” tegasnya.

Ditambahkan, pola hidup sehat juga dapat diterapkan dengan mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun dan mematuhi etika batuk.

Sementara itu, virus corona Covid-19, sebagaimana disampaikan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, merupakan jenis penyakit self limited disease atau dapat sembuh dengan sendirinya.

Virus jenis ini, seperti halnya virus penyebab cacar air dan flu, pada umumnya sembuh apabila tubuh seseorang memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang baik.

Untuk itu, Gubernur Sugianto Sabran mengingatkan masyarakat menjaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh.

“Karena dengan imunitas tubuh yang baik, seseorang tidak akan dengan mudah terserang virus,” jelasnya.

BACA JUGA :  KUNJUNGI IBUKOTA KALIMANTAN TENGAH, INI KEGIATAN TRI BRATA II

Masyarakat pun diimbau untuk tidak khawatir berlebihan. Bagi yang sehat, tidak perlu memakai masker sebab masker lebih diperuntukkan bagi yang sakit agar tidak menyebarkan virus kepada orang sehat di sekitarnya.

“Jangan khawatir atau takut berlebihan. Sekali lagi pemerintah telah dan akan melakukan langkah-langkah preventif dan bertahap sesuai ketetapan yang berlaku untuk menghadapi virus corona. Masyarakat yang sehat juga seperti disampaikan Menkes, tak perlu menggunakan masker, cukup menjaga pola hidup sehat,” demikian ditambahkan Gubernur menanggapi pemberitaan seputar kelangkaan dan melambungnya harga masker di beberapa tempat.(PR/Hms/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.