KATINGAN RITUAL TULAK VIRUS CORONA

oleh -142 views

Kasongan 23/3/20 (Dayak News). Bertempat di Balai Basarah Kapanduyan Lingu Nalatai, Kasongan komplek Betang Kayau Pulang, Senin 23/3/2020 Umat Hindu Kaharingan menggelar Ritual Manulak Peres.

Hal itu dilakukan sebagai rasa keprihatinan terhadap musibah yang saat ini melanda. Bukan hanya di Indonesia namun juga melanda di belahan Dunia,yaitu Virus Corona atau Covid 19.

banyaknya jumlah korban sehingga membuat Pemerintah dan Masyarakat berbuat maksimal untuk melakukan pencegahan dan pengobatan.

Sebagai upaya untuk menangkal wabah tersebut Umat Hindu Kaharingan melakukan acara ritual Manulak Peres (Penyakit red), demikian ungkap salah seorang Penggurus Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan (MDA-HK) Kabupaten Katingan,Sarnadie D.Uga.ST

“Dengan ritual yang menjadi keyakinan Umat Hindu Kaharingan ini kita semua berharap bisa terhindar dari virus atau penyakit yang saat ini sedang melanda,”tambahnya.

Prosesi ritual Manulak Peres tersebut langsung dipimpin oleh Pisur Jainudi dari Desa Tewang Kadamba.

Ritual diakhiri dengan melarut kan lanting di sungai yang terbuat dari bamban dan didalamnya terdapat beberapa buah patung.(PND/BBU).

BACA JUGA :  KARHUTLA, GUBERNUR KUMPUL WALIKOTA HINGGA RT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *