COVID-19,GUBERNUR KALTENG KELUARKAN EDARAN 27 MARET 2020

oleh -207 views
H.Sugianto Sabran

Palangka Raya, 27/3/2020 (Dayak News).Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H.Sugianto Sabran kembali mengeluarkan edaran terkait virus corona atau covid-19, Jumat, 27 Maret 2020.

Sedikitnya delapan poin penting dalam surat edaran orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai, Bumi Dayak, Bumi Pancasila, Kalteng ini, antara lain vurus corona sudah menjadi pandemi yang memang sangat sulit untuk dicegah dan menyebar di 196 negara di Dunia.

Semua elemen penanganan covid-19 harus satu visi dan kebijakan yang sama, memperhitungkan asfek kesehatan dan keselamatan masyarakat maupun dampak sosial dan ekonomi.

Pemda mengambil kebijakan perlu pertimbangan langkah alternatif terhadap akibat, sehingga perlu kesiapan APBD berupa bantuan sosial bagi sektor-sektor dan pelaku ekonomi yang terdampak kebijakan pencegahan pandemi covod-19.Tiga hal menjadi fokis, kesehatan dan keselamatan masyarajat, langkah alternatif berupa bantuan sosial dan perhitungan terhadap dampak kebijakan.

Perlu pemangkasan rencana belanja yang tidak prioritas di APBD, misalnya anggaran perjalanan dinas,pertemuan-pertemuan dan belanja-belanja lain.

Kabupaten/Kota diarahkan perlu perhatikan program padat karya tunai, tapi harus perhatikan aturan protokol kesehatan secara ketat. Misalah ketahanan langan perlu selalu diawasi dan antisipasi.

Selama masa darurat Bupati/Walikota beserta segenap pimpinan dan jajaran perangkat daerah agar tidak melaksanakan perjalanan keluar daerah dan tetap ditempat masing-masing.(Pr/Hms/BBU).

BACA JUGA :  PEMINDAHAN IBUKOTA HARUS JADI “PROYEK RAKYAT”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *