676 PETANI DAPAT KARTU TANI DARI MENTERI DI GUMAS

oleh -15 views
676 PETANI DAPAT KARTU TANI DARI MENTERI DI GUMAS 1

Kuala Kurun, 12/11/2020 (Dayak News). Kepedulian pemerintah republik Indonesia melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) terhadap petani di kabupaten Gunung Mas dengan membagikan kartu tani yang merupakan program Kementerian Pertanian RI.

Kartu Tani diberikan kepada 676 orang petani yang ada di wilayah Gunung Mas, Rabu siang (11/11/2020), di aula Dinas Pertanian dan Peternakan Gumas.

Dalam sambutannya, Bupati Gumas, Jaya S. Monong mengatakan bahwa terdapat empat manfaat yang didapatkan dari kartu tani tersebut, yakni kemudahan mendapat pupuk bersubsidi, penjualan hasil panen secara langsung, pembayaran kredit usaha hingga dimanfaatkan menjadi kartu ATM.

“Dengan adanya kartu tani ini, maka diharapkan para kelompok tani menjadi agen program Gumas waspada pangan ke depan,” katanya.

Hadirnya kartu tani yang efektif berjalan tahun 2021 mendatang, maka potensi penyelewengan pupuk bersubsidi di daerahnya dapat ditekan dan terawasi.

Sebanyak 676 orang petani tersebut tersebar di tiga kecamatan, yakni Kurun, Tewah dan Kecamatan Manuhing. “Semoga kartu tani ini membawa kemudahan dan kesejahteraan bagi petani di Gumas ke depan,” harapnya.

Jaya D. Monong juga mengatakan bahwa kartu ini bermanfaat sebagai bukti identitas petani. Lalu petani juga mendapat kemudahan untuk menjual langsung hasil padinya kepada Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Dengan kartu tani, distribusi pupuk subsidi akan lebih aman karena mengacu pada E-RDKK yang dibuat sesuai nama dan alamat petani dengan pola distribusi dan diharapkan agar bantuan diberikan pemerintah lebih efektif, lebih tepat kepada pihak yang memang membutuhkan,” tutup Jaya.
(Pr/AI/BBU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *