ANGKA STUNTING DI KAPUAS MENURUN

oleh -
oleh
ANGKA STUNTING DI KAPUAS MENURUN 1
Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs Septedy, M.Si memimpin Rakor Evaluasi Angka Stunting Kabupaten Kapuas hasil SSGI Tahun 2021, bertempat di Aula Bappeda Kapuas, Kamis (6/1/2022).

Kuala Kapuas (Dayak News)– Sekda Kabupaten Kapuas Septedy yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas mengatakan, angka stunting di Kabupaten Kapuas mengalami penurunan.

Hal tersebut disampaikan Sekda pada Rapat Koordinasi Evaluasi Angka Stunting Kabupaten Kapuas hasil SSGI Tahun 2021, bertempat di Aula Bappeda Kapuas, Kamis (6/1/2022).

Rapat ini dilakukan menindaklanjuti hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2021 yang telah di Launching pada tanggal 27 Desember 2021.

“Dalam Evaluasi penanganan Stunting ini dilaksanakan beracuan dasar di tahun 2021, pada tahun 2021 angka Stunting di Kabupaten Kapuas mencapai 25 persen dari sebelumnya berada diangka 42 persen, “Jelas Septedi

Dalam kesempatan tersebut Sekda Kapuas Septedy menyampaikan bahwa ada delapan Aksi Integrasi Penurunan Stunting diantaranya Analisis Situasi, Rencana Kegiatan, Rembuk Stunting, Peraturan Bupati/Walikota tentang Peran Desa, Pembinaan KPM (Kader Pemberdayaan Masyarakat), Sistem Managemen Data, Pengukuran dan Publikasi Stunting serta Review Kinerja Tahunan.

“Aksi Integrasi adalah instrument dalam bentuk kegiatan yang digunakan untuk meningkatkan pelaksanaan integrasi intervensi gizi dalam penurunan Stunting, dan saat ini saya sangat berterima kasih kepada semua pemangku kepentingan yang sudah bekerja sangat keras dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Kapuas,” ungkapnya.

“Saya sangat mengapresiasi perjuangan dari teman-teman Perangkat Daerah, semua pemangku kepentingan variable penurunan angka stunting, sudah kita rumuskan dan menyusun beberapa strategi untuk kembali menurunkan angka stunting di tahun 2022,” imbuh Septedy.

Sekda menjelaskan ada 20 indikator penurunan stunting di Kabupaten Kapuas dan semua Stake Holder sudah megetahui semua indikator tersebut, dan tinggal melaksanakan dan Menyusun program melaksanakan indikator itu.

BACA JUGA :  DIDUGA SODOMI 20 ANAK, PEMUDA 39 TAHUN DIRINGKUS DI KAPUAS

“Salah satu indikatornya adalah Kawasan Rumah Pangan Lestari, Penanggung jawab ini adalah Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perikanan, Juga sudah disampaikan kepada para Camat untuk tetap solid dan membantu dilapangan untuk menurunkan angka stunting,” jelas Sekda Kapuas itu.

Rapat tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, didampingi Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kapuas Ahmad M Saribi dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Hj Tri Setyautami, serta dihadiri Kepala Perangkat Daerah terkait yang tergabung dalam Tim Konvergensi Penurunan Stunting Kapuas, para Camat juga para Kepala UPT Puskesmas. (Rob/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.