BATAMAD KABUPATEN PULANG PISAU PERIODE 2021-2026 DILANTIK

oleh -
oleh
BATAMAD KABUPATEN PULANG PISAU PERIODE 2021-2026 DILANTIK 1
Panglima Batamad Kalteng Brigjend (Purn) Yuandrias, Dipl., PSC., MA, saat melantik Komandan Brigade dan Pengurus Batamad Kabupaten Pulang Pisau Periode 2021-2026.

Pulang Pisau (Dayak News) – Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak atau Batamad Provinsi Kalimantan Tengah menggelar pelantikan dan pengukuhan Komandan Brigade, pengurus dan anggota Batamad Kabupaten Pulang Pisau Periode 2021-2026.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di aula Bappedalitbang Pulang Pisau, Kamis, 16 Desember 2021, dipimpin Panglima Batamad Kalimantan Tengah, Brigjend (Purn) Yuandrias, Dipl., PSC., MA.

Batamad Kabupaten Pulang Pisau periode 2021-2022 dinahkodai Andrianto Ehm Sangan, MM sebagai Komandan Brigade.

Usai melantik Komandan Brigade dan Pengurus Batamad Kabupaten Pulang Pisau, Yuandrias menitip pesan kepada pengurus dan anggota Batamad Kabupaten Pulang Pisau yang baru untuk menjalankan lima tugas pokok Batamad yaitu menjaga harkat dan martabat utus Dayak, menjaga kearifan lokal, mengawal keputusan Damang dalam lembaga adat, serta membantu pemerintah menjaga keamanan dari seluruh masyarakat Dayak di Bumi Kalimantan Tengah serta turut menjaga keamanan Negara Indonesia.

Yuandrias juga mengimbau kepada anggota Batamad untuk menjaga nama baik suku Dayak.

“Kita boleh merasa kuat atau merasa hebat, tapi jangan kita sombong karena kita Batamad. Jangan ada yang memeras orang atas nama adat, atas nama dayak, atas nama Batamad, Tetapi kita harus melindungi. Jangan melampaui apa yang menjadi tugas kita maupun wewenang orang lain,” pesannya.

Dia mengatakan bila hukum adat sudah dilakukan dan ada pihak-pihak yang ingin mengacau hukum adat tersebut, maka Batamad yang akan membela Damang. “Jangan sampai harkat dan martabat masyarakat adat dayak di Kalimantan Tengah diinjak-injak oleh siapapun,” tegasnya.

Bupati Pulang Pisau yang diwakili Plt Asisten III Setda Pulang Pisau, Drs Eknamensi Tawun, dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus Batamad Kabupaten Pulang Pisau, dan berharap agar Batamad Pulang Pisau sebagai organisasi untuk tetap koordinasi dan komunikasi dalam memberdayakan dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :  CAPACITY BUILDING DHARMA WANITA PERSATUAN KALTENG

“Harapan kami juga Batamad Pulang Pisau dapat menjaga keamanan dan kedamaian di Bumi Handep Hapakat dan dapat mengambil peran besar lagi dalam mewujudkan Pulang Pisau yang Damai, Maju, Berkeadilan dan Sejahtera.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Adat Dayak atau DAD Kabupaten Pulang Pisau, Edvin Mandala, Ketua DPRD Pulang Pisau, Ahmad Rifa’i dan Perwira Penghubung Kabupaten Pulang Pisau Kodim 1011/Klk Mayor Inf Subur Harsono. (JMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.