BUDAYA SEBUAH MODAL UNTUK MAJU

oleh -61 views
BUDAYA SEBUAH  MODAL UNTUK MAJU 1

PONTIANAK, 21/5/19 (Dayak News). Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji SH mengatakan, budaya menjadi satu modal dasar bagi kita untuk maju dan menjadi cara untuk memperkenalkan negara kita ke luar. Selanjutnya dari budaya itu bisa terajin hubungan yang harmonis dalam satu negara maupun dengan negara lain.

Hal itu dikatakan Gubernur Kalbar Sutarmidji SH saat pembukaan pelaksanaan Pekan Gawai Dayak ke 34 di rumah Rada’ng Pontianak Senin (29/5).

Ia mengatakan, salah satu contohnya adalah budaya di Kalbar memiliki persamaan dengan budaya di Sarawak. Sehingga dari sisi promosi, wisata Kalbar sangat diuntungkan.
Dalam rangka melestarikan budaya, Gawai Dayak sudah masuk dalam kalender tetap bagi Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kalbar. Hal ini sangat baik dalam melaksanakan promosi untuk Pekan Gawai Dayak yang dilaksanakan selama satu minggu.

Pemprov Kalbar juga memberikan bantuan untuk program ini Gawai Dayak pada tahun 2019 ini yaitu dalam bantuan hibah sebanyak Rp 300 juta. Sementara untuk tahun depan anggarannya dimasukkan pada Dinas Pemuda dan Olah Raga dan Pariwisata.

Pihaknya berharap pada masa yang akan datang seluruh budaya dapat kita bukukan dalam satu buku. Sehinggga seluruh masyarakat dan anak cucu dapat mengetahui tentang kebudayaan yang ada di Kalbar.

Disis lain ia menambahkan, jika adat Budaya Dayak hendak dimasukkan dalam pelajaran di sekolah sebagai muatan lokal, maka terlebih dahulu harus disiapkan bahasanya, imfrastrukturnya dan literaturnya. Pihaknya juga sependapat jika seluruh anak bangsa dapat memahami satu budaya dengan yang lain.

Sehingga ikatan keberagaman itu semakin baik dan kita dapat membangun daerah ini secara bersama sama. Artinya seluruh masyarakat kalbar diharapkan dapat bersama sama membangun Kalbar.

Pihaknya juga mengharapkan adanya sinergi yang baik untuk membangun Kalbar antara Pemprov Kalbar dengan seluruh anggota DPR RI yang terpilih dalam Pileg. Pihaknya yakin anggota DPR RI mampu menggali pembangunan di Kalbar sehingga Kalbar mampu bersaing dengan daerha lain.

Pihaknya mengharapkan agar pelaksanaan Pekan Gawai Dayak ke 34 ini berjalan dengan sukses aman dan lancar. Setelah acara ini selesai hendaknya terus dilakukan evaluasi untuk perbaikan penyelenggaraan dimasa yang akan datang sehingga menjadi lebih baik dan terprogram dengan baik sehingga dapat membawa kita lebih maju lagi.(Dayak News/SOS/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *