DAD BALANGAN BELAJAR KE KALTENG

oleh -88 views
DAD BALANGAN BELAJAR KE KALTENG 1

Palangka Raya, 7/2/2020 (Dayak News). Keberadaan secara organisasi Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah (Kalteng) secara kelembagaan dianggap selangkah lebih maju, dibandingkan DAD lain.

Pertimbangan itu menjadi salah satu alasan pengurus DAD Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan studi banding atau datang belajar ke DAD pimpinan H.Agustiar Sabran ini.

Tim studi banding DAD Kabuputen Balangan dipimpin langsung oleh Ketuanya, Mandan dan didampingi beberapa pengurus.Diterima oleh Wakil Ketua DAD Kalteng Mambang Tubil dan Karo Humas Barthel B Usin serta pengurus lain pada sebuah rumah makan di Palangka Raya, Kamis malam (6/2/2020).

Terutama berkaitan dengan Peraturan Daerah (Perda) kelembagaan adat memang talah tuntas dibicarakan oleh wakil rakyat yang ada di Kabupaten Balangan, tetapi sesuai aturan harus diajukan ke Tingkat Provinsi, namun dikembalilan lagi.Alasan masih ada yang perlu dilakukan perbaian. Mengatasi hal semacam itu mereka perlu tau dari DAD Kalteng, kata salah seorang pengurus DAD Balangan.

Ketua DAD Balangan,Mandan juga mengakui, harus banyak belajar dengan DAD Kalteng.Kini muncul penomena, lahir banyak organisasi membawa nama Dayak maupun tidak. Tapi bendera beberapa organiasi itu digunakan untuk melakulan aksi berkedok membela kepentingan rakyat.

“Dari banyak organisasi kemasyarakatan itu yang dijadikan bemper organisasi Dayak dengan aksi- aksi ritualnya.Tapi jika ditelisik, aksi semacam itu ada dalangnya yang pada intinya sangat merendahkan kelembagaan organiasi Dayak,” tandasnya.

Mambang Tubil selain menyerahkan satu buku sebagai pegangan bagi DAD Balangan juga ada banyak melakukan diskusi dan sering pengalaman sebagai upaya terus memperbaiki dan memajukan beberadaan DAD. ( BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *