DAGUT: GUGATAN SAYA BUKAN TERKAIT PILKADA

oleh -681 views
DAGUT: GUGATAN SAYA BUKAN TERKAIT PILKADA 1

Palangka Raya, 27/10/2020 (Dayak News). Dagut Djunas mantan ASN yang diberhentikan oleh Kepala Daerah/Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran, menggugat secara perdata atas perbuatan melawan hukum atas dirinya.

Hal itu disampaikan oleh Dagut di Desa Banturung, Kecamatan Rakumpit, Kota Palangka Raya, Selasa (27/10/2020), menjelaskan kembali memasukan gugatannya.

Pasalnya Dagut yang terakhir menjabat Kepala Bidang di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, sempat dinonjobkan lalu diberhentikan tanpa tahu kesalahannya apa.

Dagut telah memenangkan gugatan baik ditingkat Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), banding di Pengadilan Tinggi (PT) Kalteng, hingga kasasi di Mahkamah Agung (MA). Tergugat sudah dinyatakan bersalah. Hanya saja eksekusi atas putusan itu belum terjadi hingga kini.

Oleh karena itu Dagut pun lalu menggugat secara perdata ke Pengadilan Negeri (PN) Kota Palangka Raya, sebesar Rp1,1 triliun atas kesewenang-wenangan dan martabat diri dan keluarganya yang diinjak-injak oleh penguasa saat itu.

“Hal ini bukan karena Pilkada, saya merasa gugatan ini sudah saatnya saya ajukan karena hukum itu sudah inkracht dan berkekuatan hukum tetap sejak tingkat pertama sampai tingkat terakhir di MA,” ujarnya lagi.

Dagut menegaskan bahwa dirinya menggugat Kepala Daerah dan bukan pada pribadi dari Gubernur. Agar ini bisa dipahami masyarakat.

Dari 135 orang pejabat yang pernah dinonjobkan seangkatan dengan Dagut, hanya dirinya yang menggugat hingga saat ini. Dijelaskannya juga bahwa sudah banyak pengacara dari penjuru Kalimantan yang ingin mendampingi Dagut hingga proses eksekusi ini dilaksanakan oleh institusi hukum. (CPS/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *