FER KALTENG SEFAKAT PUNYA PAYUNG HUKUM

oleh -
oleh
FER KALTENG SEFAKAT PUNYA PAYUNG HUKUM 1

PALANGKA RAYA, 20/9/19 (Dayak News). Unsur pimpinan redaksi media pers di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah memiliki wadah bergabung sejak setahun lalu dengan nama Forum Eksekutif Redaksi (FER).

Seiring perkembangan dan strategisnya forum ini, maka para dedengkot media massa pers yang tergabung sefakat harus memiliki legalitas payung hukum.

Hal itu salah satu, hasil pertemuan rutin dari anggota FER bulan September 2019 yang digelar di salah satu rumah makan di jalan Rajawali Km 4,5 Palangka Raya, Jumat siang (20/9/19).

Mempersiapkan langkah untuk memiliki payung hukum disefakati lima orang dari anggota FER sebagai tim perumus guna menyiapkan konsep Peraturan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, sebelum dipelenokan oleh semua anggota FER.

Kelima orang tersebut, Iriansyah, Heronika Ruhan, Yustinus Tenong, Joni Prihartono dan Andi Kadarusman. PER Kalteng diketuai oleh Rahmat Hidayat dan Sekretaris Iriansyah.

Sebagaimana diketaui, FER anggotanya terdiri dari unsur pimpinan media massa seperti pimpinan redaksi, redaktur pelaksana dan setingkat redaktur serta para kepala perwakilan media cetak dan elektonik serta onlune.

Tujuannya mempersatukan seluruh pimpinan di unsur redaksi guna memperjuangkan semangat independensi media, menjaga kebebasan pers yang bertanggungjawab dan peningkatan profesionalitas.

Diantara tujuan tersebut, setidaknya ada beberapa tujuan yang lebih riil diinginkan dengan terbentuknya FER.Misalnya mengakomudasi kebutuhan yang dibutuhkan anggotanya. Seperti ada unsur pimpinan redaksi yang independensinya terancam, maka FER yang akan membantu proses penyelesaiannya.Begitupun jika ada unsur redaksi yang mengadukan atas perilaku narasumber yang dianggap kurang pantas, maka diharapkan FER yang akan menjembatani untuk memfasilitasi penyelesaiannya.

Sementara berkaitan dengan langkah ekstern, keberadaan FER diharapkan bisa menjadi tempat berdiskusi dengan para pihak lainnya, karena para anggota yang tergabung di FER ini adalah para pengambil kebijakan di ruang lingkup redaksi di media massa masing-masing.(Dayak News/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.