GUBERNUR HADIRI PERESMIAN LABORATORIUM CPR RS BHAYANGKARA KALTENG

oleh -
oleh
GUBERNUR HADIRI PERESMIAN LABORATORIUM CPR RS BHAYANGKARA KALTENG 1

Palangka Raya, 14/7/2020 (Dayak News). Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Fahrizal Fitri hadiri peresmian Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) Dhira Brata Rumah Sakit Bhayangkara TK. III Palangkara Raya, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng.

Acara ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dedi Prasetyo. Selasa (14/7/2020).

Guberbur mengatakan, dengan adanya peresmian laboratorium PCR di RS Bhayangkara ini menambah jumlah laboratorium PCR yang ada di Kalteng.

Dikatakan, sebelumnya jumlah peralatan kita di RS Doris Sylvanus ada tiga PCR, di RS Kota Palangka Raya ada satu PCR, di RS Imanuddin Kotawaringin Barat ada satu PCR. Selanjutnya mendapat bantuan dari Presiden Joko Widodo satu PCR dan rencana 1 satu PCR akan dikirimkan ke RS Barito Utara dan ini adalah pengiriman tujuh,” katanya.

“Kita berharap dengan jumlah laboratorium yang sudah semakin banyak, ini semakin mempercepat proses. Kalau dulu proses pengiriman sample cukup panjang ke Jakarta kemudian pindah ke Surabaya dan terakhir ke Banjar Baru. Dengan semakin tersebar di seluruh Kalteng mempermudah dan mempercepat proses pengujian sample – sample yang terduga Covid-19 dan Pemerintah Provinsi Kalteng mengucapkan terima kasih dengan adanya peran serta dari Polda Povinsi Kalteng melalui Biddokkes Polda Kalteng yang menyediakan laboratorium PCR, seperti yang disampaikan Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Kita akan berkolaborasi, saling mendukung dan berkenaan dengan pemberian ini sudah ada pendampingan-pendampingan dari Dinas Kesehatan Prov. Kalteng dan RS Doris Sylvanus Palangka Raya dalam melaksanakan aktifitas nantinya kita akan saling mendukung. Berkenaan dengan Reagen-reagen (bahan yang dipakai dalam reaksi kimia, biasa dipakai untuk mengetes darah) dan mengenai kebutuhan bimbingan-bimbingan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di RS Bhayangkara,” ungkap Gubernur melalui Sekda Fahrizal Fitri.

BACA JUGA :  PEMPROV KALTENG IKUT RAKORNAS VIDKOM BERSAMA PRESIDEN RI
GUBERNUR HADIRI PERESMIAN LABORATORIUM CPR RS BHAYANGKARA KALTENG 2

Adapun untuk ketersediaan Reagen, Pemerintah Prov. Kalteng merencanakan dengan memesan bahan tersebut jauh lebih awal sebelum ketersediaan menipis kondisi ini disebabkan karena stok terkendala pengiriman dari luar negeri maka segera dilakukan pemesanan Reagen tersebut.

Dengan banyaknya Laboratorium yang ada tentu kebutuhan distribusi lebih banyak, Pemprov. Kalteng berharap bisa terus belanja bahan Reagen tersebut. Pemprov. Kalteng juga mendapat bantuan dari BNPB Pusat yang dikirim secara periodik.

“Selama ini Pemprov. Kalteng telah melakukan rapid tes massal, dengan masyarakat dimana keterlibatan unsur dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi, baik itu TNI dan POLRI juga sama-sama terlibat. Pemprov. Kalteng juga terus melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan melakukan tracing (penelusuran) secara agresif seperti yang disampaikan Kapolda tadi dan sesuai perintah Presiden RI dan kita berharap tracing (penelusuran) ini betul-betul segera ditelusuri apabila ada kasus tertentu dan kontak eratnya dengan siapa saja, supaya dilakukan lokalisir. Gubernur juga menyampaikan, tidak ada lagi isolasi mandiri, Pemda harus menyiapkan isolasi yang mana apabila orang itu OTG atau apapun langsung di isolasi karna apabila orang tersebut isolasi sendiri kita tidak tau seberapa jauh disiplin orang tersebut, dengan adanya asrama atau ruangan isolasi yang disiapkan oleh Pemerintah akan dijaga dan aktifitasnya akan di kontrol,” terang Fahrizal Fitri.(Pr/Hms/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.