GUBERNUR KALTENG H. SUGIANTO SABRAN TERUS AWASI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

oleh -
oleh
GUBERNUR KALTENG H. SUGIANTO SABRAN TERUS AWASI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR 1

Palangka Raya, 9/11/19 (Dayak News). Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran sangat menaruh perhatian terhadap pembangunan infrastruktur. Setiap pekerjaan jalan dan jembatan diawasinya.

Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng, Salahudin kepada wartawan di Palangka Raya baru-baru ini.

Dikatakan, rata-rata progres pembangunan proyek infrastruktur multiyears hingga September 2019 sudah berada diangka 90 persen. Hal ini yang selalu dilihat langsung oleh Gubernur Sugianto tentang kondisi riilnya di lapangan.

Sesusi data itu, tidak lama lagi proyek infrastruktur tersebut rampung sebagaimana targetnya 0Desember 2019. Total proyek multiyears tercatat ada sekitar 22 paket baik pembangunan jalan maupun jembatan.

Berdasarkan siaran pers dari Dinas Kominfosantik Kalteng, sejumlah pembangunan itu diantaranya, Mendawai – Pagatan, Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama – Riam Durian, Riam Durian – Sukamara, Riam Durian – Kenawan dan Sampit – Bagendang.

Kemudian, Simpang Bangkal – Bangkal – Telaga Pulang, Simpang Rantau Pulut – Amin Jaya, Pulang Pisau – Pangkoh – Bahaur, Kapuas – Palingkoh – Dadahup, Pasar Panas – Ampah, Patung Hayaping – Kamintin dan lainnya.

Pembangunan tersebut dipastikan berdampak positif bagi masyarakat. Salah satunya jalan layang Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama.

Jika sudah rampung, jalan layang itu akan membantu masyarakat Sukamara yang ingin ke Pangkalan Bun. Tidak sekadar membantu, juga mempercepat jarak tempuhnya.

Bukan hanya itu, pengerjaan proyek infrastruktur juga mencapai diangka ratusan. Salah satunya pembangunan file slab di Bukit Rawi.

Dukungan gubernur untuk membangun file slab sepanjang 3,5 kilometer itu sangatlah besar. Bisa dipastikan, tahun depan jika musim hujan turun, jalan tersebut aman dari banjir. Pengendara pun dapat melintas dengan nyaman.

BACA JUGA :  DEWAN AJAK MASYARAKAT SUKSESKAN PILGUB 2020

“Pembangunan file slab di Bukit Rawi merupakan salah satu prestasi gubernur, Bapak Sugianto Sabran. Peran beliau begitu besar walaupun itu menggunakan APBN,” ucapnya.

Dibilang prestasi karena selama sekitar 9 tahun, pemerintah Provinsi Kalteng meminta pembangunan tersebut pada pemerintah pusat tapi belum diamini.

Salahuddin juga menyebut lewat dana hibah sekitar Rp 30 miliar, gubernur akan membangun penyeberangan Barito Selatan – Muara Teweh. Demikian juga akan ada peninggian ruas jalan di Kasongan, Kabupaten Katingan.

Di sisi lain, Salahudin mengatakan, menindaklanjuti instruksi gubernur, pihaknya telah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Barito Timur dan Barito Utara.

Di wilayah timur Kalteng ini, sejak Februari 2019 telah dibangun ruas Jalan Simpang Patas – Tabak Kanilan, pembangunan jembatan penyeberangan Muara Teweh – Jingah, pembangunan jalan simpang Km 34 – simpang Benangin (MYC), dan proyek multiyears ruas Jalan Patung – Hayaping – Bentot.

Sedangkan di wilayah barat Kalteng, gubernur pun turut memperhatikannya. Tidak terkecuali wilayah tengah, seperti di Kota Palangka Raya dan sekitarnya.(Adv/PR/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.