GUBERNUR KALTENG KOMITMEN LEBIH MASIF PENANGANAN COVID-19

oleh -36 views
GUBERNUR KALTENG KOMITMEN LEBIH MASIF PENANGANAN COVID-19 1

Palangka Raya, 2/7/2020 (Dayak News). Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran sebagai narasumber pada Virtual Telabang Talk bertajuk “Kolaborasi Multistakeholders Kalteng dalam Menanggulangi Covid-19 dan Palangka Raya dalam PSBB II” be di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur, Palangka Raya, Kamis (2/7/2020).

Gubernur menyampaikan langkah-langkah yang telah ditempuh Pemerintah Provinsi Kalteng dalam penanganan Covid-19. Dimulai dari penetapan status siaga darurat 17 Maret 2020 yang dinaikkan kestatus tanggap darurat 17 April 2020.

Upaya itu, diikuti dengan refokusing dan realokasi dana APBD difokuskan pada penanganan Covid-19 sesuai dengan pedoman ditetapkan dalam Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan.

“Saya selaku Gubernur dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, berkomitmen untuk menyelesaikan penanganan Covid-19 dari segi pendanaan dan bantuan yang sedang berjalan. Namun semua kembali kepada kesadaran masyarakat yang harus punya disiplin tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Dikatakan, gugus tugas juga berkomitmen untuk melakukan penanganan melalui sosialisasi dan edukasi, siaran keliling lebih masif lagi. Pemasangan poster pada tempat-tempat strategis, penyebaran brosur dan leaflet. Sosialisasi melalui media cetak lokal secara kontinyu, media online menyampaikan informasi bahayanya Covid-19 serta pentingnya protokol kesehatan. Upaya mitigasi, penyemprotan desinfektan, tes rapid massal dan yang paling penting menumbuhkan kesadaran masyarakat sendiri.

Ditegaskan, aturan sudah detail disusun dari atas, implementasinya di lapangan harus sinkron.

“Jangan ragu menerapkan aturan, dengan sungguh-sungguh.Tertibkan masyarakat dengan ketegasan. Libatkan tokoh adat, tokoh agama untuk memutus mata rantai penularan. Langkah perlu didukung oleh Polri dan TNI,” tandasnya.(Pr/Hms/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *