GUBERNUR: KALTENG SIAP PEMBANGUNAN FOOD ESTATE

oleh -44 views
GUBERNUR: KALTENG SIAP PEMBANGUNAN FOOD ESTATE 1

PALANGKA RAYA, 12/6/2020 (Dayak News). Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyatakan, provinsi yang dia pimpin siap laksanakan program pembangunan food estate.

Hal itu dikatakannya saat memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) tindak lanjut arahan Presiden RI dan Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Pertanian (Mentan) RI berkaitan dengan Pembangunan dan Pengembangan Food Estate di Provinsi Kalteng, di Aula Jayang Tingang Lt.II Kantor Gubernur, Palangka Raya, Jumat sore (12/6/2020).

Pada rapat koordinasi tersebut dibahas mengenai berbagai hal yang harus dipersiapkan untuk program lumbung pangan baru (Food Estate) yang rencananya akan dikembangkan di lahan eks Pengembangan Lahan Gambut (PLG) di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Program Strategis ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mendukung ketahanan pangan nasional, sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo.

Sehari sebelumnya, Gubernur Sugianto Sabran bersama Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo meninjau langsung lokasi food estate pada eks lahan gambut di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas. Saat kunjungan Menteri Syahrul Yasin Limpo pun meminta seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) dapat mendukung terwujudnya program food estate yang sangat strategis tersebut.

“Bantu Pak Gubernur, bantu Panglima (Pangdam), Kapolda, Bupati semua. Saya (Mentan) akan mengasistensi terus, sehingga ini (food estate) bisa jalan cepat”, kata Menteri Yasin Limpo.

Berbagai langkah mulai dilakukan Pemerintah Provinsi Kalteng untuk mematangkan persiapan food estate, baik dari segi persiapan lahan, infrastruktur jalan dan irigasi, kebutuhan tenaga kerja serta alur distribusi.

Saat memberikan arahan dalam rakor tersebut, Gubernur Sugianto Sabran mengajak semua stakeholder untuk bekerja sama menjalin kekompakan menindaklanjuti arahan Bapak Presiden Joko Widodo yang telah mempercayakan Kalteng sebagai lumbung pangan nasional.

“Semua Kalimantan mau dipilih untuk menjadi penyangga ketahanan pangan nasional, tapi Kalteng yang sangat dilirik kali ini, jadi kita harus kompak tunjukkan Kalteng siap”, kata Gubernur.

Tampak hadir mengikuti rapat, antara lain Ketua DPRD Prov. Wiyatno, Wakapolda Brigjen Pol. Indro Wiyono, Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Badan Intelijen Daerah Brigjen Pol. Slamet Urip Widodo, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Marang, Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri, dan sejumlah Kepala SKPD/Instansi Vertikal terkait.(Pr/Hms/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *