GUBERNUR SERAP ASPIRASI, PALANGKARAYA ANCANG-ANCANG PSBB

oleh -119 views
GUBERNUR SERAP ASPIRASI, PALANGKARAYA ANCANG-ANCANG PSBB 1

Palangka Raya, 6/5/2020 (Dayak News. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) serap masukan dari Dewan Riset Daerah (DRD) dan Akademisi, menggunakan video confren terkait masalah dampak sosial, ekonomi, ketahanan pangan di daerah dan strategi upaya pemulihan pasca pandemi covis-19 kedepanya.

Dalam diskusi dengan Kepala Perguruan tinggi swasta, negri dan akademisi, Gubernur menjelaskan dia sengaja minta masukan para ahli dan akademisi sebelum dilakukan tandatangan usulan permohonan PSBB untuk wilayah Kota Palangka Raya, yang dikirimkan ke Kementrian Kesehatan dan pemerintah pusat.

Berbagai pertimbangan diberikan masukan para akademisi, diantaranya mendukung kebijakan Gubernur dalam penanganan dampak sosial untuk kemanusiaan, dengan menganggarkan anggaran untuk penangan dan dampak covid-19.
Selain itu, masukan mengenai dampak ekonomi untuk mahasiswa, warga hingga sistem ekonomi yang lesu juga menjadi prioritas pemerintah provinsi, tidak harus terpaku dengan aturan aturan tetapi pelaksanaan untuk warga yang diperlukan.

“Sebelum tandatangan usulan PSBB dari Pemko, untuk Kota Palangka Raya ke Pusat, saya minta masukan dan wejangan dari seluruh akademisi, kepala perguruan tinggi swasta dan negri se Kalteng, untuk meminta masukan masukan dalam upaya penanganan covid-19, dalam situasi seluruh wilayah di Kalteng Zona Merah, “kata Gubernur Sugianto Sabran, di Istana Isen Mulang, Rabu sore (6/5/2020).

Dijelaskan Gubernur Sugianto, mengenai diskusi dampak Sosial, ekonomi, ketahanan pangan di Daerah dan Strategi Pemulihan Pasca Pandemi Covid 19, sudah dilalukan penanganan secara terus menerus.

Disampaikan Gubernur Sugianto dengan membeli PCR, alat tes cepat yang sudah ada di RS Doris Sylvanus, sehingga tidak menunggu hasil tes dari Jakarta dan Surabaya serta hasilnya juga bisa cepat, upaya Pemprov Kalteng dalam penanganan pengendalian covid-19.

“Untuk pangan selain terus di kontrol dan diawasi, juga kesiapan stok pangan kita aman beberapa bulan kedepan hingga ketahanan pangan khususnya padi, di beberapa daerah akan melangsungkan panen seperti di Kapuas, Pulang Pisau, Katingan, Barsel, Bartim, dan daerah lainya. Ini terus kita dorong, dan saat ini terus kami pantau mengenai ketahanan pangan kita. Bantuan sembako juga sudah berjalan secara bertahap,” kata Sugianto.
Gubernur Sugianto juga menyampaikan mahasiswa perguruan tinggi seluruh Kalteng dapat dibantu yang terdampak dan benar benar tidak mampu dan memerlukan.

“Selain warga, misalnya ada 50 ribu mahasiswa yang terdampak, baik yang tidak mampu dan rentan itu juga kita bantu. Tapi juga secara bertahap dan semampu anggaran Pemprov Kalteng, tidak banyak namun ada dan kami siapkan. Ya kita tidak tahu kapan ini berahir, namun kita berdoa bersama sama cepat berahir. Kami juga lakukan strategi kesiapan anggaran pasca covid-19 ini,”kata Sugianto.

Gubernur Sugianto berpesan kepada seluruh kepala PTN, PTS dan akademisi, yang juga diikuti oleh plt Kadis Pendidikan dan Kadis Pertanian, mengajak seluruh perguruan tinggi untuk bersama sama menjaga stabilitas pangan dengan misalnya kerjasama bercocok tanam dan bertani untuk mahasiswa sehingga dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan dimulai dari kampus.

“Silahkan perguruan tinggi mengajukan atau kerjasama pertanian dan lainya, untuk menjaga ketahanan pangan di Kalteng. Sebagian juga sudah ada di daerah kawan mahasiswa dan warga berkolaborasi dalam ketahanan pangan, kami apresiasi dan terus dorong,” ucap Sugianto Sabran.(PR/Hms/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *