IVO SUGIANTO SABRAN RESMIKAN POSYANDU LANSIA AR-RASID

oleh -
oleh
IVO SUGIANTO SABRAN RESMIKAN POSYANDU LANSIA AR-RASID 1

Palangka Raya,14/10/19 (Dayak News). Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran menunjukan keaktifannya dalam mejunjang jabatan suaminya H.Sugianto Sabran, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ibu Ivo panggilan akrabnya , sebagai ketua tim penggerak PKK Prov Kalteng kali ini meremikan posyandu Lansia Ar Rasyid yang di Jalan G. Obos XVIII, Kota Palangka Raya, Minggu (13/10).

Kegiatan peresmian juga dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan di halaman Masjid Ar Rasyid.Tampak hadiri Wakil Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya dr. Theodorus Sapta Atmadja, MM, Lurah Menteng Kamala Ratna, Kepala Puskesmas Menteng Sri Hartinah, Ketua Posyandu Ar Rasyid Dewi Sartika, dan sejumlah pengurus TP-PKK Prov. Kalteng.

Ketua TP-PKK Kalteng menyerahkan buku kesehatan lansia secara simbolis kepada perwakilan lansia yakni Ibu Inem, Ibu Wahiyem, dan Ibu Hj. Nurhana.

Usai menyampaikan sambutannya, Ibu Ivo langsung meresmikan Posyandu Lansia Ar Rasyid yang ditandai dengan pembukaan tirai papan nama Posyandu.

“Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini, karena seperti yang kita tahu bahwa posyandu adalah pusat pelayanan terpadu yang merupakan pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat,” kata Ivo.

Selain menjadi tempat untuk pelayanan dan pembinaan kesehatan kepada kelompok usia lanjut, warga lansia disekitar Posyandu Ar Rasyid yang tergabung didalam kelompok pengajian juga bisa mendapat kajian rohani.

“Karena disini nanti ibu-ibu bisa melakukan pemantauan gizi, kesehatan, lalu konseling kesehatan. Karena disini termasuk dalam pengajian juga, mungkin nilai tambahnya ada kajian rohani juga,” tuturnya.

Ivo berharap para kader pkk dan pihak terkait bisa bekerjasama untuk menggerakkan para kelompok lansia untuk rutin memeriksakan kesehatannya di Posyandu.

BACA JUGA :  SELAMA PANDEMI STOK DARAH BERKURANG, AYO DONOR DARAH UNTUK SESAMA DAN KESEHATAN PRIBADI

“Kita sama-sama menggerakan para lansia disini agar bisa setiap bulan hadir untuk memeriksakan kesehatan mereka di posyandu lansia Ar Rasyid,” ujarnya.

Posyandu lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut di suatu wilayah, dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat melalui kader kesehatan dan kerjasama lintas program dan lintas sektor, dalam rangka untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat pada umumnya dan khususnya kelompok usia lanjut.

Kegiatan posyandu lansia meliputi, pelayanan kesehatan setiap bulan, kemudian kegiatan kelompok seperti pemberian makanan tambahan, kunjungan rumah oleh petugas dan kader, serta kegiatan olahraga seperti senam dan gerak jalan.

Pelaksanaan kegiatan kader kesehatan lansia yang telah dilatih di bantu oleh petugas puskesmas maupun oleh petugas kesehatan dari warga setempat.

Pembinaan posyandu lansia dilaksanakan oleh puskesmas setempat bekerjasama dengan PKK tingkat RW/Kecamatan. Dilaksanakan dalam bentuk kunjungan atau supervisi pada saat pelayanan posyandu, pembinaan kelompok, pelatihan kader dan penilaian kegiatan posyandu.

Sifat pelayanan di posyandu lansia adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas diantaranya, memberikan pelayanan sopan dan ramah, memberikan kemudahan, memberikan keringanan atau penghapusan biaya bagi yang tidak mampu, memberikan dukungan sosial, melakukan pelayanan kesehatan yang memadai dan proaktif, serta melakukan kerjasama lintas program dan lintas sektor. (Dayak News/Adv/PR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.