KARHUTLA KEMBALI MEMBARA DI KUBAR

oleh -283 views
KARHUTLA KEMBALI MEMBARA DI KUBAR 1

KUTAI BARAT, 12/10/2020 ( DAYAK NEWS ). Si jago merah kembali melalap ratusan hektar lahan di Kabupaten Kutai Barat (Kubar). Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kali ini menghanguskan kurang lebih 300 hektar hutan dan lahan yang berada didalam wilayah Kampung Mendung, Kecamatan Muara Pahu, pada Minggu siang (11/10/2020) hingga malam hari.

Ini diketahui atas informasi dari tim patroli Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar yang rutin melakukan pemantauan dibeberapa titik rawan api. Sekitar pukul 14 00 siang, tim patroli BPBD Kubar menemukan adanya karhutla. Selanjutnya tim patroli langsung menginformasikan kejadian ini ke BPBD Kubar.

Atas informasi dari tim dilapangan bahwa adanya karhutla, tim ekspedisi BPBD Kubar pun langsung bergerak ke lapangan dengan membawa hampir seluruh unit mobil pemadam yang sudah disiagakan.

KARHUTLA KEMBALI MEMBARA DI KUBAR 2

Tim pemadam BPBD kubar tidaklah sendirian, bantuan 3 unit armada pemadam dari Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) juga ikut bergabung di lokasi, guna bekerja sama memadamkan api yang semakin ganas melalap lahan .

“Setelah mendapat laporan tersebut, kami dari tim ekspedisi langsung bergerak kelapangan dan mendapati api sudah membesar. Tim pun sedikit terkendala karena medan yang sulit ditempuh untuk api bisa cepat dipadamkan dan tidak meluas,” terang Daud Budiman, anggota BPBD Kubar yang turun ke lokasi karhutla.

Dalam keterangannya, Koordinator Pusdalops BPBD Kubar mengatakan bahwa tim telah bekerja keras dari siang hingga malam hari untuk bisa mengendalikan penyebaran api yang. Alhasil, pada Minggu malam sekitar pukul 22.00 api pun berhasil dikendalikan dan dipadamkan.

KARHUTLA KEMBALI MEMBARA DI KUBAR 3

“Karhutla ini tidak jauh dari kejadian minggu lalu, masih disekitar Kampung Mendung, Kecamatan Muara Pahu. Namun luasannya sedikit lebih besar, kalau kemarin 200 hektar. Kali ini sebanyak 300 hektar lahan habis dilahap si jago merah,” ungkap Koordinator Pusdalops BPBD Kubar, Erwin saat dikonfirmasi Senin (12/10/2020).

“Pada Minggu malam api baru bisa teratasi, namun kita tetap siaga jika terjadi kembali. Harapan kita bisa segera turun hujan agar memastikan tidak ada lagi bara api yang tersisa,” ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui sumber api yang menghanguskan sekitar 300 hektar ini hutan dan lahan tersebut. Namun diperkirakan karhutla ini masih terkait dengan kebakaran yang terjadi sebelumnya di sekitar daerah tersebut, pungkasnya (JHY/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *