KASUS COVID-19 MAKIN MENINGKAT, OMICRON BELUM DITEMUKAN

oleh -
oleh
KASUS COVID-19 MAKIN MENINGKAT, OMICRON BELUM DITEMUKAN 1

Kasongan, (Dayak News) -Setelah dua hari bertahan dan cenderung menurun, jumlah pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Katingan drastis meningkat. Berdasarkan data tanggal 17 Januari 2022 ada penambahan pasien sebanyak 28 orang.

Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Katingan, Drs. Robby, M.A.P. membenarkan ada peningkatan tajam jumlah penderita. Namun ia belum bisa memastikan varian virus dari negara Tirai Bambu tersebut. Hal itu disebabkan untuk memastikan jenis varian apakah Delta atau Omicron sampel harus dikirim ke Jakarta.

“Tes PCR yang dilakukan hanya dikirim ke Laboratorium Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya. Itu prosedur yang baku. Untuk memastikan jenis varian, maka pihak Dinas Kesehatan Palangka Raya yang mengirimkan sampel ke Jakarta,” ujarnya, Jum’at (18/2).

Robby menjelaskan, jumlah total pasien dalam perawatan sebanyak 95 orang. Dimana sebagian besar pasien berasal dari Kecamatan Katingan Hilir.

“Berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri, maka level PPKM di Kabupaten Katingan meningkat menjadi level tiga. Itu artinya akan terdapat banyak pembatasan untuk aktivitas masyarakat.

Seperti pertemuan tatap muka untuk bekerja, ibadah dibatasi 50 persen dari kapasitas yang ada. Larangan resepsi pernikahan serta berbagai aturan lain,” sebutnya.

Menyikapi kecenderungan kasus Covid-19 yang terkesan booming, Robby meminta masyarakat jangan terlalu panik. Sikapi segala sesuatu dengan baik dan bijak.
“Jangan lupa terapkan protokol kesehatan lima M dengan ketat,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, dr. Robertus Pamuriyanto menyatakan kasus Covid-19 varian Omicron belum ditemukan. Tapi, apa penyebab akhir-akhir ini penyebaran Covid-19 meninggi. Ia berargumen, hal itu terjadi karena banyak masyarakat abai menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA :  BUPATI KATINGAN RESMIKAN KANTOR BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH

“Dalam kejadian ini, kasus didominasi mereka yang telah bervaksin dengan gejala ringan dan hanya menjalani isolasi mandiri,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, dr. Suyuti Syamsul membuat pernyataan bahwa di Kabupaten Katingan belum ada ditemukan kasus Covid-19 varian Omicron. Hal itu berdasarkan sampel yang telah dikirim pihaknya ke Jakarta.

“Memang belum ada ditemukan kasus Covid-19 varian Omicron, jika berdasar data yang kami kirim. Coba tanyakan ke Dinas Kesehatan di Kabupaten, soalnya bisa secara langsung mengirim sampel ke Jakarta,” pungkasnya. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.