KELOMPOK WANITA TANI MENTENG PERMAI DIAPRESIASI KETUA TP PKK KALTENG

oleh -93 views
KELOMPOK WANITA TANI MENTENG PERMAI DIAPRESIASI KETUA TP PKK KALTENG 1

Palangka Raya, 2/7/2020 (Dayak News). Keberadaan kelompok wanita tadi Menteng Pernai, Kelurahan Menteng, Kota Palangka Raya mendapat apresiasi dari Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah (TP PKK Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran.

Apresiasi itu disampaikan saat kegiatan panen bersama di pekarangan Kelompok Wanita Tani Menteng Permai, Jalan G. Obos X Blok B, Palangka Raya, Kamis (2/7/2020).

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan masyarakat di sini, karena ini juga merupakan penerapan dari salah satu program PKK, dimana warga memanfaatkan pekarangannya untuk ditanami tanaman, yang tidak hanya mempunyai nilai gizi tinggi, tetapi juga bernilai ekonomis,” ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan dari masyarakat terhadap program pemerintah, yaitu penurunan angka Stunting.

Menurut Ivo Sugianto Sabran, varietas sayuran dan buah-buahan yang ditanam masyarakat di Menteng memiliki gizi tinggi.

Dia berharap apa yang dilakukan Kelompok Tani Menteng dapat diikuti masyarakat di daerah lain. “Semoga di lingkungan ini nantinya bisa menjadi inspirasi juga bagi daerah lain.

KELOMPOK WANITA TANI MENTENG PERMAI DIAPRESIASI KETUA TP PKK KALTENG 2

“Saya lihat kawasan ini sebenarnya bukan lahan produktif atau ada lahan kosong, tapi bagaimana caranya cerdas menyiasati supaya tanaman yang ditanam secara hidroponik atau dengan polybag. Hal ini menunjukkan bahwa keterbatasan lahan itu bukan menjadi penghalang,” imbuh Ivo.

Dilakukan juga peninjauan kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng, menyerahkan bibit tanaman kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Penyerahan bibit ini bagian dari program diseminasi OPAL (Obor Pangan Lestari) BPTP dalam rangka mendukung pencegahan Covid-19, dengan pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami berbagai komoditas sayuran dan buah.

Ivo Sugianto Sabran secara simbolis juga paket bantuan dari BPTP Kalteng kepada 5 orang perwakilan warga masyarakat terdampak Covid-19. Paket bantuan itu terdiri dari bibit lele, bibit tanaman, sprayer, pupuk, dan bak sampah. Secara keseluruhan, paket bantuan tersebut akan disalurkan kepada 1.000 (seribu) Kepala Keluarga (KK) masyarakat yang terdampak Covid-19.

Ketua TP PKK Prov. Kalteng didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Kalteng Sunarti, Kepala BPTP Kalteng Syamsuddin, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lilis Suryani, dan juga sejumlah pengurus TP PKK Prov. Kalteng. (Pr/Hms/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *