KETUA TP PKK KALTENG BAGIKAN RIBUAN MASKER

oleh -13 views
KETUA TP PKK KALTENG BAGIKAN RIBUAN MASKER 1

Palangka Raya, 18/8/2020 (Dayak News). Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah (TP PKK Prov. Kalteng), Ivo Sugianto Sabran mengampanyekan gerakan bersama pakai masker atau gebrak masker dengan membagikan masker kain (non medis) kepada masyarakat, di Bundaran Besar, Palangka Raya, Selasa (18/8/ 2020).

Setelah membagikan masker kepada masyarakat yang melewati Bundaran Besar, Ivo Sugianto Sabran bersama beberapa pengurus TP PKK Kalteng melanjutkan pembagian masker non medis ke pemukiman padat penduduk di daerah Flamboyan Bawah, Kecamatan Pahandut.

Selain dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, kegiatan pembagian masker secara massal ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada 3 Agustus 2020 tentang keterlibatan TP PKK dalam perubahan perilaku di masa pandemi Covid-19.

Dalam keterangan persnya, Ketua TP PKK Kalteng menjelaskan, “Hari ini melakukan Gebrak Masker, Gerakan Bersama Memakai Masker, menindaklanjuti arahan Bapak Presiden, agar kita membagi masker secara massal dan door-to-door juga, sebagai bagian dari kampanye Gerakan Hidup Sehat, memakai masker supaya kita meminimalisir penyebaran virus Covid-19.”

Diterangkan lebih lanjut oleh Ivo Sugianto Sabran, kegiatan yang dilakukan bukan hanya membagi masker kepada masyarakat, tetapi juga sekaligus mengedukasi dan menyosialisasi masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini tidak hanya membagi masker saja, tetapi juga mensosialisasikan edukasi tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Masker yang dibagikan tadi diinformasikan juga bahwa ini masker washable (dapat dicuci), hanya bisa dipakai 4 jam, nanti setelah 4 jam dicuci,” tutur Ivo.

KETUA TP PKK KALTENG BAGIKAN RIBUAN MASKER 2

Kegiatan pembagian masker ini melibatkan seluruh stakeholders (para pemangku kepentingan), antara lain Forkopimda, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, Kwarda Pramuka, Perbankan, dan Perangkat Daerah/Instansi Vertikal.

Pada kegiatan hari ini, TP PKK Kalteng membagikan total sebanyak 2.700 masker kain, sementara Perangkat Daerah Prov. Kalteng masing-masing 500 buah masker kain. Pembagian masker dilakukan di sejumlah titik di sekitar kota Palangka Raya. “Hari ini ada yang ke Flamboyan, Sebangau, Diponegoro, yang pasti di seluruh kota Palangka Raya dan area padat penduduk, nanti di Puntun juga ada,” kata Ketua TP PKK Kalteng.

“Ini tidak hanya PKK, tapi bekerja sama dengan seluruh organisasi dan stakeholders, ada dari Bank Kalteng, Perbankan juga ada, dari Dinas Instansi Vertikal ada, dari Forkopimda seperti Polda dan Korem juga ada, cuma memang tidak berkumpul di Bundaran Besar, karena mereka fokus di titiknya masing-masing,” imbuh Ivo.

Ketua TP PKK Kalteng pun mengungkapkan bahwa, kegiatan pembagian masker ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan, sebagai bagian dari tanggung jawab bersama untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan, guna mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

“Untuk hari ini ada sekitar 3 ribu. Tapi nanti berkelanjutan, target kita sih sampai 1 juta mungkin ya, tapi nanti bertahap. Ke depan tidak hanya memakai masker saja, tapi secara bertahap akan ada cuci tangan dan jaga jarak,” pungkas Ivo Sugianto Sabran.(PR/HMS/DEN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *