MENTERI PUPR RI: PRESIDEN TIDAK SALAH PILIH KALTENG JADI LUMBUNG PANGAN NASIONAL

oleh -28 views
MENTERI PUPR RI: PRESIDEN TIDAK SALAH PILIH KALTENG JADI LUMBUNG PANGAN NASIONAL 1

Pulang Pisau, 14/6/2020 (Dayak News). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI DR lr Mochamad Basuki Hadimuljono M Sc mengatakan bahwa Presiden tidak salah memilih Kalimantan Tengah (Kalteng) menjadi lumbung pangan nasional.

Hal tersebut dikatakan Menteri PUPR saat kunjungan kerja di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Minggu (14/6/2020) .

“Hasil kunjungan ini akan saya laporkan kepada Presiden bahwa pilihan untuk memilih Kalteng tidak salah karena lahan sudah siap. Pengairan dan sumber daya manusia juga sudah ada, tinggal kita perbaiki saluran irigasi agar tidak terjadi banjir serta sarana dan prasarana yang ada dalam mendukung program yang dicanangkan Presiden,” kata Basuki.

Dia mengungkapkan juga bahwa pembuatan cadangan pangan nasional di Kalteng sebagai salah satu antisipasi yang dilakukan menghadapi kekurangan pangan dunia.

“Ada prediksi dari Food and Agriculture Organization atau FAO akan ada kekeringan sehingga akan menyebabkan kekurangan pangan dunia,” kata Basuki kepada awak media.

Demikian juga kata dia BMKG menyampaikan bahwa ketersediaan air yang cukup ada di Kalimantan.

“Ada tiga calon yakni Sumatera Selatan, Kalteng dan Merauke. Setelah dipelajari ditetapkan Kalteng, dan fokus eks PLG,” ujarnya.

Dia mengatakan pekerjaan pembuatan lumbung pangan nasional di Kalteng yang berada di Kabupaten Pulpis dan Kabupaten Kapuas tersebut akan dilaksanakan sejumlah Kementerian.

“Ini adalah kegiatan bersama PUPR, Pertanian, Transmigrasi dan BUMN untuk bisa menjadikan pertanian modern,” terang Basuki.

Dia mengatakan program tersebut akan dilaksanakan selama dua tahun mulai 2021 dan 2022 terealisasi.

Bupati Pulpis H Edy Pratowo SSos MM mengatakan kunjungan kerja Menteri PUPR dalam rangka meninjau saluran irigasi pertanian primer dan sekunder, perencanaan rehabilitasi saluran rawa, pintu-pintu air, akses jalan dan jembatan khususnya untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

“Sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam membangun sarana dan prasarana dengan baik harapan untuk menjadikan Kabupaten Pulpis sebagai salah satu daerah ketahanan pangan akan terwujud,” harap Bupati.(Bobbe/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *