PEMKAB GUMAS IKUTI WEBINAR TERKAIT APBN 2021

oleh -
oleh
PEMKAB GUMAS IKUTI WEBINAR TERKAIT APBN 2021 1

Kuala Kurun, 26/11/2020 (Dayak News). Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Istana Negara, Jakarta. Rabu (25/11) 2020).

Dalam kondisi masih di tengah pandemi virus corona (Covid-19), Jokowi menekankan empat fokus dalam penggunaan anggaran. Diharapkan fokus tersebut akan membantu pemulihan di bidang kesehatan dan ekonomi.

Pertama, penanganan kesehatan, ini masih dalam hal penanganan Covid-19, penanganan kesehatan juga diutamakan untuk persiapan vaksinasi vaksin Covid-19. Antara lain dalam penguatan dan pengembangan sarana dan prasarana kesehatan termasuk laboratorium.

Fokus kedua berkaitan dengan pemberian perlindungan sosial bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Tekanan ekonomi akibat Covid-19 berdampak besar bagi masyarakat kurang mampu dan rentan.

Ketiga yang menjadi perhatian Jokowi mengenai program pemulihan ekonomi. Pandemi Covid-19 dinilai juga telah memberikan tekanan bagi pelaku usaha.

Keempat penggunaan anggaran juga diharapkan dapat dimanfaatkan untuk reformasi struktural. Sehingga menciptakan pondasi yang kuat bagi berbagai sektor.

PEMKAB GUMAS IKUTI WEBINAR TERKAIT APBN 2021 2

“Total alokasi belanja pemerintah pada tahun 2021 sebesar Rp 2.750 triliun naik 0,4% dari tahun 2020. Perinciannya, sebesar Rp 1.035 triliun untuk belanja K/L dan Rp 795,5 triliun anggaran TKDD. Dan alokasi belanja tersebut akan dimanfaatkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan pemulihan prioritas pembangunan di berbagai bidang”, kata Jokowi

Sejumlah bidang yang mendapatkan jatah besar dalam DIPA 2021 antara lain adalah bidang kesehatan Rp 169,7 triliun, bidang pendidikan Rp 550 triliun, bidang infrastruktur Rp 417,17 triliun, perlindungan sosial Rp 408,8 triliun, ketahanan pangan Rp 99 triliun, serta pembangunan teknologi informasi Rp 26 triliun.

BACA JUGA :  GUBERNUR H. SUGIANTO MINTA MASYARAKAT JANGAN PANIK

Tampak hadir mengikuti webinar ini Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L. P Umbing, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Yansiterson, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Dearah Kabupaten Gunung Mas Untung, dari ruang rapat lantai 1 kantor Gunung Mas.(Pr/AI/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.